Upacara Hari Bhayangkara KE-73 Kapolda Sulteng Membacakan Amanat Presiden

Bagikan Artikel ini
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Pariwaraku.com – SULTENG, Peringatan Hari Bhayangkara terkait erat dengan terbitnya Penetapan Pemerintah Nomor 11 Tahun 1946. Melalui Penetapan tersebut, Jawatan Kepolisian Negara yang semula berada dalam lingkungan Kementerian Dalam Negeri, ditetapkan menjadi jawatan tersendiri, yang langsung berada di bawah Perdana Menteri atau Presiden, selaku Kepala Pemerintahan. Peristiwa yang terjadi pada 1 Juli 1946 tersebut, juga menjadi momentum meleburnya berbagai elemen kepolisian ke dalam satu institusi kepolisian yang bersifat nasional.

Pada hari ini, Kepolisian Negara Republik Indonesia secara serentak melaksanakan parade Upacara dan syukuran hari Bhayangkara ke-73. Dimana sebelumnya berbagai kegiatan telah dilaksanakan Polri dan jajaran termasuk Polda Sulteng untuk menyemarakan Hari Bhayangkara ke-73 yang meliputi pembinaan tradisi, pengabdian Polri kepada Masyarakat, lomba-lomba dan sarasehan.

Bacaan Lainnya

Kepala Kepolisian Daerah Sulawesi Tengah Brigjen Pol Drs. Lukman Wahyu Hariyanto,M.Si pimpin Upacara yang dihadiri Danrem 132 Tadulako Kolonel Inf Agus Sasmita, Sekda Prov.Sulteng Drs.Moh.Hidayat Lamakarate,M.Si, Wakapolda Sulteng Kombes Pol Drs. Setyo Boedi Moempoeni Harso,S.H.,M.Hum, Forkopimda, para Pejabat Utama Polda Sulteng, Ketua Bhayangkari Daerah Sulawesi Tengah Ny.Yanti Lukman Wahyu, para purnawirawan Polri/Warakawuri dan tamu undangan lainnya.

Bertindak selaku komandan upacara AKBP Bagus Setiawan,S.H.,S.IK. yang kesehariannya menjabat sebagai Kasubdit IV Ditreskrimsus Polda Sulteng dengan susunan pasukan yang terdiri dari :

  •     Kompi I upacara, terdiri dari gabungan peleton Pamen dan peleton Pama yang dipimpin oleh AKBP Bangun Isworo,SH, jabatan Kabagbinopsnal Ditlantas Polda Sulteng;

–     Kompi II upacara, terdiri dari gabungan peleton Polwan dan peleton Staf Mapolda Sulteng yang dipimpin oleh AKP Hj.Dharmawati jabatan Kanit 1 Subdit 4 Ditreskrimum Polda Sulteng;

–     Kompi III upacara terdiri dari 3 peleton Satbrimob Polda Sulteng yang dipimpin oleh AKP M.Ilyas,A.Md.Kom jabatan Wakil Kepala Detasemen Gegana Satbrimob Polda Sulteng;

–     Kompi IV upacara terdiri dari gabungan peleton Ditsamapta dan Ditpolair Polda Sulteng yang dipimpin oleh AKP I Gusti Putu Suryanta jabatan Kaurkeu Ditsamapta Polda Sulteng;

–     Kompi V upacara terdiri dari gabungan peleton Ditlantas, Ditbinmas dan Ditpamobvit Polda Sulteng yang dipimpin oleh AKP Suriadi,SH,MM jabatan Kasi Sim Subdit Regident Ditlantas Polda Sulteng;

–     Kompi VI upacara terdiri dari gabungan peleton Ditreskrimum,Ditreskrimsus dan Ditresnarkoba Polda Sulteng yang dipimpin oleh AKP Gustam Aras jabatan Kanit 3 Subdit III Ditreskrimum Polda Sulteng

–     Kompi VII upacara  terdiri dari gabungan peleton Ditintelkam dan ASN Polda Sulteng.

 

Kapolda Sulteng selaku Inspektur upacara dalam sambutannya membacakan amanat Presiden Republik Indonesia Ir.Joko Widodo “Kerja keras dan pengabdian Polri, telah dirasakan hasilnya oleh seluruh masyarakat Indonesia. Situasi keamanan dalam negeri sepanjang tahun 2018 dan 2019 terpelihara dengan baik.”terangnya.

loading…

Lanjutnya, “Polri dan TNI telah mengamankan seluruh perhelatan internasional yang diselenggarakan Pemerintah, yaitu Asian Games, Asian Para Games, serta IMF-World Bank Annual Meeting 2018. Polri dan TNI juga telah mengamankan penyelenggaraan Pilkada Serentak Tahun 2018 dan Pemilu Tahun 2019, sehingga terselenggara dengan aman, damai, dan demokratis.  Seluruh agenda kemasyarakatan juga dapat terselenggara dengan aman, mulai dari perayaan Natal 2018, Tahun Baru 2019, sampai dengan Ramadhan dan Idul Fitri 2019”.

Pada momen upacara yang berlangsung dengan khidmat tersebut, sebanyak 33 (Tiga Puluh Tiga) Personel Polda Sulteng dan jajaran mendapatkan tanda kehormatan Bintang Bhayangkara Nararya.

Bintang Bhayangkara Nararya diberikan kepada anggota Polri yang telah bertugas selama 24 tahun, berjasa besar dengan ketabahan luar biasa yang disumbangkan kepada Kepolisian dan tidak pernah cacat selama di Kepolisian. Salah satu personel yang mendapat tanda koharmatan tersebut adalah Komisaris Polisi Sugeng Lestari yang kesehariannya menjabat sebagai Kasubbidpenmas Bidhumas Polda Sulteng.

Selesai Upacara kegiatan dilanjutkan dengan acara syukuran yang dilaksanakan di Gedung Torabelo Polda Sulteng.

Acara diawali sambutan Kapolda Sulteng Brigadir Jenderal Polisi Drs. Lukman Wahyu Hariyanto,M.Si, pada kesempatan tersebut beliau membacakan amanat Kapolri Jenderal Polisi Prof. H. MUHAMMAD TITO KARNAVIAN, Ph.D. antara lain “Kami bersyukur, sampai dengan saat ini Polri tetap survive melaksanakan tugasnya sebagaimana diatur undang-undang. Polri yang saat ini memiliki anggota 446.873 personel, tersebar pada 34 Polda di 34 Provinsi, 461 Polres di 514 Kabupaten/Kota, serta 4.872 Polsek di 7.201 Kecamatan, bersama-sama dengan TNI dan komponen-komponen bangsa lainnya menjadi pilar keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Berbagai perbaikan yang dilaksanakan oleh Polri selama 3 tahun terakhir melalui Program Promoter, dititikberatkan pada 3 kebijakan utama, yaitu peningkatan kinerja, perbaikan kultur, dan manajemen media”.terangnya.

Kemudian acara dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng oleh Kapolda Sulteng yang didampingi Ibu Ketua Bhayangkari Daerah Sulawesi Tengah kepada personel Polri (perwakilan yang tertua, yang termuda dan yang lahir pada tanggal 1 Juli).

Selanjutnya acara syukuran dimeriahkan dengan pemberian penghargaan kepada 42 personel Polri yang berprestasi, diantaranya :

Pertama,        AKBP  Amin Rovi,SH Jabatan Kasubdit III Jatanras Ditreskrimum Polda Sulteng beserta 11 anggotanya  (atas prestasi mengungkap pelaku pembunuhan, pencurian, dan pembobolan mesin ATM sehingga menyebabkan kerugian besar);

Kedua, AKBP P.SEMBIRING,SIK Jabatan Kasubdit III Ditresnarkoba Polda Sulteng beserta 17 anggotanya (atas prestasinya pada tahun 2018 berhasil mengungkap dan mengamankan 1,80 Kilogram Narkotika jenis Shabu, 992 butir Pil PCC, 30 butir Pil Extasi dan pada tahun 2019 berhasil mengungkap dan mengamankan 5,315 Kilogram Narkotika jenis Shabu.

Ketiga, Bripka Mohammad Syaiful,SH Bhabinkamtibmas Kel.Kayamanya Sentral Kec.Poso Kota Polres Poso yang berhasil menjuarai lomba Bhabinkamtibmas Nasional antar Polda dan antar Polres Polda Sulteng

Keempat, terdapat nama Briptu Akyko Micheel Kapito Ba Satbrimob Polda Sulteng atas prestasinya sebagai juara Asia Tim Sepak Takraw Putri.

Kemudian acara dilanjutkan dengan pemberian penghargaan kepada Polres terbaik dalam pelaksanaan Satgas Nusantara oleh Kapolda Sulteng, diantaranya :

loading…

 

–     Subsatgas manajemen sosial terbaik diraih oleh Polres Banggai;

–     Subsatgas manajemen Kemitraan terbaik diraih oleh Polres Poso;

–     Subsatgas manajemen media terbaik diraih oleh Polres Parimo

–     Satgasres terbaik diraih oleh Polres Donggala.

 

Selanjutnya Kapolda Sulteng memberikan Trofi dan penghargaan kepada peserta lomba Fotografi yang bertemakan “Dengan semangat Promoter pengabdian Polri untuk masyarakat,bangsa dan negara”.

 

–     Juara I diraih oleh Serka Maksum Jaya Saputra anggota Korem 132 Tadulako

–     Juara II diraih oleh Moh.Rifki (Wartawan)

–     Juara III diraih oleh Briptu Irfan harun anggota Bidhumas Polda Sulteng

–     Harapan I diraih oleh Amar Sakti (Wartawan)

–     Harapan II diraih oleh IPTU Basirun Laele Ps.Kasubbaghumas Polres Poso

–     Harapan III diraih oleh Syamsudin (Wartawan).

 

Ditulis oleh : Subbid Penmas Bidhumas.

loading…

Bagikan Artikel ini
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Pos terkait