Tips-Tips Bagi Para Pemula Fotografer

Bagikan Artikel ini
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Pariwaraku.com – Belajar fotografi seharusnya adalah perjalanan yang menyenangkan. Tidak hanya itu anda bisa menyimpan setiap momen perjalanan anda dan anda hanya perlu sedikit saran untuk memulai dan memilih tempat terbaik. Untuk memulainya adalah dengan konsep dasar yang digunakan untuk membuat sebuah foto yang baik.

Komposisi adalah dasar dari setiap foto. Ini mencakup garis besar dan bentuk dalam sebuah foto, juga termasuk penempatan objek, orang atau binatang (atau apa pun subjeknya) dalam hubungan dengan unsur-unsur lain dalam tampilan. Ketika anda mengambil sebuah foto, andalah penyusunnya dan sebagai pelukis, dalam mendesain lukisan baru. Memperhatikan komposisi setiap foto yang anda ambil dan anda akan segera melihat peningkatan yang signifikan pada hasil foto yang anda dapatkan.

Bacaan Lainnya

Subjek dan Objek anda adalah apa yang anda sajikan pertama kali untuk penyimak gambar anda. Subjek anda bisa saja kecil seperti hewan seranggadan Objek anda bisa sebuah pemandangan gunung dan pantai yang sangat indah. Untuk belajar bagaimana menyusun sebuah simfoni yang indah, pastinya membutuhkan banyak latihan. Untuk menghasilkan foto yang baik, anda harus terus menekuni seni fotografi ini. Suatu waktu nanti anda akan dengan cepat tahu apa yang anda ingin capai. Kalau gagal, tidak apa-apa karena anda hanya perlu menghapus foto itu dan mengulangi lagi.

Berikut ini adalah Tips-tips yang mudah bagi para pemula untuk menjadi Fotografi:

  • Belilah Buku-Buku untuk Menambah Ilmu Fotografi

Memiliki peralatan kamera yang mahal, tidak selalu berarti bahwa anda akan mendapatkan hasil foto yang baik. Banyak hasil potret gambar yang benar-benar menakjubkan ditangkap dengan kamera ponsel. Sebagai gantinya, milikilah sepuluh lensa yang berbeda, lalu pelajarilah buku-buku fotografi yang bermanfaat. Dengan melihat hasil karya para master fotografi dalam buku-buku tersebut, anda tidak hanya mendapatkan inspirasi, tapi juga mendapatkan ide-ide cemerlang untuk meningkatkan kualitas foto hasil karya anda sendiri.

  • Bawalah Kamera Anda Setiap Saat

Anda tidak akan dapat menghasilkan foto yang baik, jika anda tidak membawa kamera anda setiap saat, bukan? kamera apa pun itu untuk memotret gambar, apakah DSLR ataupun kamera ponsel pintar, tidak masalah. Selama Anda memiliki akses untuk menuju kamera, Anda dapat menangkap momen-momen spontan dan unik dalam hidup yang mungkin tak ingin anda lewatkan.

  • Baca Petunjuk Penggunaan Pada Kamera Anda

Cara terbaik untuk mengetahui bagaimana cara menggunakan kamera anda, yaitu dengan membaca petunjuk penggunaannya. Begitu banyak orang melewatkan langkah ini, yang sesungguhnya benar-benar penting dalam perjalanan fotografi mereka. Setiap kamera memiliki perbedaan, sehingga dengan membaca manual, anda akan mampu memahami hal-hal menarik yang terdapat pada kamera tersebut

  • Latihan Memotret Setiap Hari

Cara terbaik untuk mengasah kemampuan anda, yaitu berlatihlah. Ada banyak cara. Memotretlah sebanyak yang anda bisa, tak peduli apa pun itu. Menghabiskan waktu berjam-jam di belakang kamera anda. Sebagai keterampilan teknis untuk anda tingkatkan dari waktu ke waktu, kemampuan anda untuk memanfaatkannya, untuk menceritakan kisah-kisah dan lainnya juga. Tidak perlu khawatir berlebihan tentang bagaimana cara memotret diawal. Percobaan dengan gaya anda yang ‘disuarakan’ tepat waktu, akan terlihat lebih otentik.

  • Amati Pencahayaan

Sebelum anda memotret dengan kamera anda, lihatlah dari mana cahaya datang dan gunakanlah untuk keuntungan anda dalam memotret. Apakah itu cahaya alami yang di hasilkan dari matahari atau sumber cahaya buatan seperti lampu, bagaimana anda dapat memanfaatkannya untuk membuat foto anda lebih baik? Bagaimana cahaya berinteraksi pada tampilan dan subjek? Apakah hanya menyoroti satu area atau menghasilkan bayangan yang menarik? Ini semua adalah hal yang dapat anda manfaatkan untuk membuat foto biasa menjadi luar biasa.

  • Bermainlah Dengan Cahaya

Jangan pernah mengambil gambar dengan matahari langsung di belakang anda. Cara ini membosankan, cahaya akan terlihat datar pada subjek. Jika anda memotret dengan sumber cahaya dari samping atau dari belakang subjek, anda dapat membentuk cahaya tersebut sedemikian rupa, serta menciptakan foto yang lebih menarik.

  • Tunggulah Momen yang Tepat dan Tetap Fokus pada Subjek Dan Objek

Banyak fotografer amatir harus lebih mengenali subjek yang akan mereka foto, jika ingin mendapatkan hasil foto berkualitas. Anda harus terus memotret dan memotret lagi dengan menggunakan pengaturan kamera yang telah anda pilih dan anda perlu untuk terus melakukan itu sampai saat yang tepat tiba. Kenali-lah subjek anda. Yakinlah bahwa, sangat penting untuk memotret gambar lebih banyak lagi.

Bagi seorang pemula dalam dunia fotografi, sangatlah dibutuhkan pengetahuan untuk menekuninya. untuk menjadi seorang fotografer tidak selalu harus memiliki peralatan Fotografi yang lengkap. untuk menambah pengetahuan, anda harus lebih banyak mencari inspirasi dalam mengasah kemampuan fotografi anda menjadi lebih baik lagi.

loading…

Bagikan Artikel ini
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Pos terkait