Tingkatkan Partisipasi Masyarakat Melalui Program DP3 (Desa Peduli Pemilihan Umum Dan Pemilihan)

louncing dan pembekalan DP3 di desa loli Saluran (Dok. Humas Donggala)
Bagikan Artikel ini

DONGGALA, Pariwaraku.comBupati Donggala, Drs. Kasman Lassa, SH., MH, hadiri Launcing dan Pembekalan Peserta, Kader Desa Peduli Pemilihan Umum dan Pemilihan ( DP3 ) Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati dan/atau Walikota dan Wakil Walikota Tahun 2021, Kegiatan tersebut berlangsung di Desa Loli Saluran Kecamatan Banawa selasa 22 Juni 2021.

Kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Sekretaris KPU Provinsi Sulawesi Tengah, Camat Banawa, Sekretaris Dinas PMD, Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan, Divisi Data KPU Prop. Sulteng, Divisi Sosialisasi dan Partisipasi Masyarakat KPU Prop. Sulteng, Wakapolsek Banawa, Babinsa Desa Loli Saluran serta Kepala Desa Loli Saluran.

Bacaan Lainnya

Bupati Donggala Drs. Kasman Lassa, SH., MH, mengatakan bahwa pentingnya mendorong partisipasi aktif masyarakat dalam Pemilu maupun Pemilihan, yang menjadi latar belakang pembentukan Desa Peduli Pemilu dan Pemilihan, Sehingga partisipasi masyarakat yang lebih luas dalam hal Pemilu dan Pemilihan secara mandiri dan rasional dapat dicapai.

“sebuah desa dikatakan peduli Pemilu dan Pemilihan, bukan hanya diukur secara kuantitatif yaitu berdasarkan angka partisipasi pemilih pada Pemilu dan Pemilihan di berbagai level, Tetapi juga secara kualitatif Terutama dalam membuat pilihan politik, masyarakat secara sadar mengedepankan kemandirian dan rasionalitasnya” tambahnya

Oleh karena itu diharapkan masyarakat harus cerdas dalam menyaring informasi sehingga tidak mudah termakan isu hoaks, terkait kepemiluan sehingga kuantitas dan kualitas partisipasi pemilih dapat tercapai.

Bupati juga mengharapkan kegiatan tersebut, dapat menciptakan kader yang mampu menjadi penggerak dan penggugah kesadaran Politik masyarakat, serta dapat menumbuhkan pengatahuan, pemahaman dan keterampilan masyarakat tentang pemilu dan pemilihan, dalam rangka memperkuat basis penerimaan, dukungan, partisipasi dan kepercayaan masyarakat terhadap mekanisme Pemilu sebagai instrumen utama sistim politik demokrasi.

Pada kesempatan itu Ketua KPU Kab. Donggala, Moh. Unggul, mengungkapkan bahwa salah satu target yang ingin dicapai dari 5 (lima) tujuan pembentukan DP3 yaitu peningkatan partisipasi pemilih.

Sehingga salah satu program DP3 tersebut, menjadi program unggulan untuk meningkatkan partisipasi pemilih.

“Saya menyampaikan ucapan terimakasih kepada KPU Provinsi, yang sudah menunjuk KPU Donggala sebagai kabupaten yang menjadi pailot projek kegiatan DP3,” ujarnya.

Penandatangan Nota kesepahaman oleh Bupati Donggala Drs. Kasman Lassa, SH., MH, dengan Ketua KPU Kabupaten Donggala Tanwir Lamaming, SS., M. A,

Diakhir sambutannya ia berharap, kader DP3 yang ada di Desa Loli Saluran agar bekerja maksimal, sehingga nantinya bisa menjadi contoh oleh desa-desa lain di Kab. Donggala.

Sementara itu Ketua KPU Provinsi Sulawesi Tengah Tanwir Lamaming, SS. M. A, mengatakan bahwa di Indonesia hanya 9 (sembilan) provinsi yang ditunjuk untuk menjadi pailot projek DP3, salah satunya adalah Prop. Sulteng yang kemudian menunjuk Desa Loli saluran sebagai Projek DP3,

“Jadi saya kira evaluasinya akan kita lihat di pemilu dan pemilihan di 2024,” kata Tanwir.

Dimana Kab. Donggala merupakan kabupaten pertama, yang secara terbuka menyampaikan dukungan kepada KPU kabupaten.

Olehnya ia menyampaikan ucapan terimakasih kepada Pemda Donggala, yang telah memberikan apresiasi dan bantuan kepada KPU Donggala khususnya dalam melaksanakan proses Pembelajaran politik ditingkat masing-masing desa.

Dilanjutkan dengan Penandatangan Nota kesepahaman oleh Bupati Donggala Drs. Kasman Lassa, SH., MH, dengan Ketua KPU Kabupaten Donggala Tanwir Lamaming, SS., M. A, tentang pelaksanaan desa peduli Pemilu dan Pemilihan Umum Tahun 2021.

 

Sumber : (Prokopim/Lili)


Bagikan Artikel ini

Pos terkait