Tindak Pidana Pencurian / Penadahan Alat BMKG Yang Terjadi di Desa Pombewe Kec. Sigi Biromaru Kab. Sigi

Bagikan Artikel ini
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Pariwaraku.com – Palu, Polres sigi Gelar Conferensi Pers Terkait Pengungkapan kasus tindak Pidana Pencurian Alat BMKG yang terjadi di Desa Pombewe Kec. Sigi Biromaru kab. Sigi, Senin tanggal 29 Juli 2019.

Polres sigi melalui satuan reskrim polres Sigi berhasil mengungkap kasus tindak pidana pencurian yang terjadi sekitar bulan Juni tahun 2019 yang di duga dilakukan oleh Anak a.n ANGGER PUTRA SAGITARIUS Alias ANGGER, Cs Di Desa Pombewe Kec. Sigi Biromaru Kab. Sigi.

Bacaan Lainnya

Berawal dari adanya Laporan Polisi dari Sdra. BAMBANG HARYONO Perihal dugaan tindak pidana Pencurian alat BMKG pada hari Kamis tanggal 18 Juli 2019, dan langsung di tindak lanjuti oleh tim Tekab polres sigi untuk melakukan Penyelidikan terhadap Pelaku Pencurian. Dari Hasil Penyelidikan telah terungkap Tersangka Pencurian  dan pada Selasa Tanggal 23 Juli 2019 Tim Tekab Polres Sigi Berhasil menangkap tersangka pencurian atas nama Anak ANGGER PUTRA SAGITARIUS Alias ANGGER, Cs. Dari hasil interogasi terhadap tersangka anak diperoleh nama tersangka lain yang ikut serta melakukan pencurian bersama anak ANGGER yaitu Anak SETYA dan Anak AHMAD (Daftar Pencarian Orang). Dari hasil pengembangan diperoleh nama – nama pembeli alat BMKG tersebut yaitu Sdra. SOFAN Alias OPAN dan saat ini telah di proses oleh pihak sat Reskrim Polres Sigi, Sehingga barang bukti dalam perkara tersebut berhasil di amankan oleh Tim Tekab Polres Sigi berupa Sensor Boardband, Baterai, panel solar dan Solar Regulator.

  1. Anak a.n ANGGER PUTRA SAGITARIUS Alias ANGGER, umur 14 tahun, jenis kelamin laki-laki, agama islam, pekerjaan Pelajar, kewarganegaraan indonesia, alamat Desa Lolu Kec. Sigi Biromaru Kab. Sigi.
  2. Anak SETYA ( DPO )
  3. Anak AHMAD ( DPO )
  4. Tersangka SOFAN Alias OPAN, umur 43 tahun, jenis kelamin laki-laki, agama islam, pekerjaan Wiraswasta, kewarganegaraan indonesia, alamat Desa Mpanau Kec. Sigi Biromaru Kab. Sigi.

Keterangan barang bukti : 1 ( Satu ) Unit Sensor Broadband Merk Nanometics Warna Hijau Silver. 3 ( Tiga ) Buah Baterai Mrek HAZE Warna Abu – Abu. 1 ( Satu ) Buah Solar Panel Merk BP SOLAR BP 38OJ. 1 ( Satu ) Unit Solar Regulator warna Silver.

Untuk pelaku pencurian dikenakan Pasal 363 ayat (1) ke – 4e dan 5e KUHPidana, dengan ancaman hukuman 7 tahun penjara. dan Untuk Pelaku Penadahan Pasal 480 Ayat (1) KUHPidana dengan ancaman hukuman 4 Tahun Penjara

dari keterangan polisi, tersangka melakukan pencurian dengan modus untuk mendapatkan uang sehingga tersangka bersama teman – temannya mencuri alat milik BMKG Geofisika kelas 1 palu kemudian hasil penjualannya di gunakan untuk jajan, bermain kewarnet dan berpoya – poya. Tersangka mencuri untuk kebutuhan sehari-hari dan untuk bersenang – senang.

Polisi juga menghimbau kepada orang tua untuk lebih mengawasi, mengontrol pergaulan anaknya agar supaya tidak terjerumus ke perbuatan yang melanggar hukum dan masyarakat lebih waspada pada saat membeli barang – barang baik dalam bentuk penawaran langsung maupun penawaran melalui media social.

Dengan dilaksanakan kegiatan pres release tersebut diharapkan menimbulkan efek jera kepada pelaku dan calon pelaku tindak pidana serta memupuk rasa kepedulian masyarakat untuk memberikan informasi sekecil apapun tentang kejahatan yang terjadi disekitarnya pada pihak kepolisian.

 

 

 

loading…

Bagikan Artikel ini
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Pos terkait