SRIKANDI YANG BERDIKARI oleh Wakil Ketua DPD KNPI Donggala

Bagikan Artikel ini

Pariwaraku.com – Widya Kastrena LRTP Dharma Shida, S.Ip., M.Ap kelahiran Palu, 06 Juli 1994 adalah Sosok Tokoh Perempuan Muda yang juga salah satu dari sedikit Politisi Perempuan Di Tanah Donggala.

Srikandi Muda yang datang dengan segudang pengalaman baik di Organisasi Masyarakat maupun Organisasi Politik ini telah banyak menyita perhatian masyarakat donggala. bagaimana tidak, sejak memimpin DPD KNPI Donggala, widya kastrena banyak bergerak di bidang kemasyarakatan dan keagamaan serta fokus dalam pengembangan potensi kepemudaan yang ada di kabupaten donggala.

Dua periode dalam menahkodai DPD KNPI Kabupaten Donggala membuat dirinya matang dalam urusan kepemudaan, sosial kemasyarakatan dan keagamaan, jiwa dan tenaga telah di fokuskannya dalam pengabdian untuk daerah, selain aktif dalam organisasi kemasyarakatan, widya juga pernah menjadi dan menjabat Ketua Komisi II DPRD Donggala periode 2019 – 2024.

Dan sebagai seorang politisi, widya kastrena memilik rekam jejak politik yang cukup cemerlang, sebagai kader partai nasdem kala itu, di usianya 25 Tahun, widya mengikuti pentas pemilihan calon legislatif daerah pada tahun 2019 dan terpilih sebagai Anggota DPRD Kabupaten Donggala Fraksi Partai Nasdem dengan predikat suara terbanyak dari Daerah Pemilihan (Dapil) I Kecamatan Banawa dan Banawa Tengah, di karenkan sikap politik yang tidak lagi sejalan, 27 April tahun 2022 widya kastrena mundur dari keanggotaan Partai Nasdem Donggala dan saat tulisan ini kami rilis, Widya Kastrena masih menjabat sebagai Anggota DPRD Kab Donggala.

Jiwa sosial dan politik seorang widya kastrena tidak datang begitu saja, widya kastrena yang tidak lain adalah seorang putri dari Bapak DR. Drs. Kasman Lassa S.H M.H Bupati Donggala 2 Periode telah di bentuk sejak dini, tidak dapat di pungkiri widya kastrena mewarisi jiwa kepemimpinan dan politik dari sang ayah. berlabelkan anak seorang kepala daerah, widya tidak serta merta mendapatkan segala sesuatunya dengan cara mudah, seorang kader HMI ini menitih karir tidak secara instan dan gampang seperti apa yang di sampaikan sebagian kecil orang, widya belajar dan mengikuti semua jenjang organisasi dari tingkat bawah guna membentuk kepribadiannya yang berdikari. Memiliki karakter yang kuat dalam memimpin dan mengorganisir sebuah organisasi yang di pimpinya. Itu terbukti dari beberapa organisasi yang kini telah di pimpinya, puncak dari apa yang telah dia lalui selama ini adalah dengan menjadi Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Donggala.

Berikut adalah sederet pengalaman yang di miliki oleh seorang Widya Kastrena LRTP Dharma Sidha, S.Ip., M.Ap :
1. Ketua DPD KNPI Kabupaten Donggala (masih menjabat)
2. Ketua Karang Taruna Kabupaten Donggala (masih menjabat)
3. Sekretaris PMI Kabupaten Donggala (masih menjabat)
4. Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Palu Komisariat FSIP Untad
5. Bendahara Umum Himpunan Pengusaha Muda Perguruan Tinggi (HIPMI PT)
6. Pengurus BPD HIPMI Sulawesi Tengah
7. Bendahara Umum BPC HIPMI Kabupaten Donggala

Bekal pengalaman dalam menahkodai beberapa organisasi penting, serta bekal pengalaman politik yang di miliki itulah, membuat seorang widya kastrena menjadi salah satu tokoh atau politisi muda yang sangat di cintai oleh masyarakat yang ada di kabupaten donggala.

Sebuah kalimat penyemangat yang pernah kami dengar dari seorang widya kastrena “ Pemuda itu berbicara tentang apa yang akan dan telah dia perbuat, bukan tentang apa yang telah dia terima “
SRIKANDI yang BERDIKARI adalah salah satu kalimat yang cocok di berikan kepada seorang widya kastrena.

Moh Riyan Ridha H, S.Kom
Wakli Ketua DPD KNPI Donggala


Bagikan Artikel ini

Pos terkait