Sirkuit Mandalika Masuk Kalender Sementara WSBK 2021

Sirkuit Mandalika masuk dalam kalender sementara World Superbike (WSBK) 2021 (Dok. MGPA)
Bagikan Artikel ini

pariwaraku.com– Sirkuit Mandalika menjadi salah satu lintasan yang akan menggelar balapan WSBK (World Superbike) musim 2021. Lintasan yang masih dalam proses pembangunan itu masuk dalam kalender sementara.

Sirkuit Mandalika menjadi salah satu dari total 13 lintasan yang diproyeksikan akan menggelar WSBK. Namun ada syarat yang harus dilalui Sirkuit Mandalika untuk bisa menghelat ajang tersebut.

Bacaan Lainnya

Dsebutkan kalau Sirkuit Mandalika harus lolos uji homologasi. Uji tersebut tentunya baru bisa dilakukan jika proses pembangunan lintasan sudah kelar.

Mandalika Grand Prix Association (MGPA) berulang kali menegaskan kalau sirkuit akan tuntas dibangun pada pertengahan 2021 dan langsung menjalani homologasi setelahnya.

Media Asing Sebut Peluang Indonesia Gelar MotoGP di 2021 ‘Tipis’, Ini Faktanya

“Tiga balapan terakhir akan dilangsungkan di luar Eropa, di mana Argentina jadi yang pertama di Circuito San Juan Villicum, untuk kemudian kembalinya Indonesia dan Mandalika International Street Circuit melakukan debut di WSBK,” demikian pernyataan resmi WSBK.

Karena masih kalender sementara WSBK dan belum jelasnya kapan pandemi COVID-19 akan berakhir, WSBK menegaskan kalau perubahan-perubahan masih mungkin terjadi. Selain Sirkuit Mandalika yang masih harus dihomologasi, beberapa lintasan lain juga masih harus menyelesaikan urusan kontrak.

Termasuk salah satu seri yang berstatus to be announced (TBA) dan seri Australia yang belum bertanggal.

Jika jadi digelar di Sirkuit Mandalika, itu bukan kali pertama Indonesia menggelar balapan WSBK. Di tahun 1997 WSBK pernah datang ke Indonesia. Digelar di Sirkuit Sentul, John Kocinski dan Carl Fogarty jadi pemenang dua race saat itu.

Status Sirkuit Mandalika di ajang WSBK berbeda dengan di ajang MotoGP. Di MotoGP, Sirkuit Mandalika cuma berstatus cadangan. Dari tiga trek cadangan yang disiapkan Dorna Sports, Indonesia malah disinyalir jadi cadangan terakhir. Itu diungkapkan secara tersirat oleh Bos Dorna Carmelo Ezpeleta.

“Hari ini kami memiliki 20 balapan di kalender dan itu sesuatu yang mungkin (untuk melangsungkan seluruh balapan tersebut). Tapi jika salah satu dari sirkuit itu tidak bisa, kami menyiapkan Igora Drive sebagai cadangan kedua setelah Portimao,” kata Ezpeleta dikutip dari Crash beberapa waktu lalu.


Bagikan Artikel ini

Pos terkait