Sastrawan Feminis Nawal El Saadawi Tutup Usia

Sastrawan Feminis Mesir, Nawal El Saadawi (Dok : idntimes)
Bagikan Artikel ini

Pariwaraku.com – Kabar duka datang dari dunia kepenulisan. Sastrawan sekaligus pujangga ternama Nawal El Saadawi, meninggal dunia di usia 89 tahun. kabar duka tersebut diterima melalui surat kabar pemerintah Mesir Al-Ahram pada 21 Maret 2021.

Saadawi lahir pada Oktober 1931 di sebuah Desa Delta Sungai Nil. Ia belajar Kedokteran di Universitas Kairo dan kemudian bekerja sebagai psikiater dan dosen. Selama masa hidupnya Saadawi sudah menulis lusinan buku.

Bacaan Lainnya

tulisannya berfokus pada feminisme, kekerasan dalam rumah tangga, dan ekstremisme agama.

Nawal el Sadawi juga dikenal sebagai pembela hak-hak perempuan dan berjuang keras melawan diskriminasi. Ia sempat di penjara dan dianiaya serta menerima ancaman dari kaum konservatif mesir sepanjang hidupnya.

Salah satu bukunya yang paling populer adalah Women and Sex dan Memoirs From a Women’s Prison. Buku Women and Sex dilarang di Mesir selama dua puluh tahun setelah liris, ia pun kehilangan pekerjaannya di Kementrian Kesehatan Mesir.

“Perempuan tidak bisa dibebaskan dalam masyarakat kelas atau masyarakat patriarki yang didominasi laki-laki. Inilah mengapa kita harus menyingkirkan, melawan penindasan kelas, penindasan gender, dan penindasan agama,” kata Nawal El Saadawi dalam sebuah wawancara yang dikutip detik.com.

Beristirahalah dalam damai, Nawal El Saadawi!!


Bagikan Artikel ini

Pos terkait