Sambut Ramadhan, Camat dan Kades Ikut Memeriahkan Pawai Obor Bersama Warga Khatulistiwa

Bagikan Artikel ini

Pariwaraku.com – Camat Tinombo Selatan Rony A. Tomobolotutu, melepas secara resmi pawai obor menyambut Bulan Suci Ramadhan 1443 Hijriah yang digelar oleh masyarakat dan Pemerintah Desa Khatulistiwa, Kecamatan Tinombo Selatan, Kabupaten Parigi Moutong, Provinsi Sulawesi Tengah, Rabu 30/3/2022.

Terlihat juga di lokasi ratusan warga mengikuti pawai obor menyambut Bulan Suci Ramadhan.

Kegiatan Pawai Obor dimulai dari Dusun V sebagai titik kumpul, kemudian menuju beberapa dusun yang ada di desa khatulistiwa, dan berakhir di titik nol
(Tugu Khatulistiwa).

Pantauan Pariwaraku.com, kegiatan pawai obor diikuti oleh berbagai kalangan, selain pelajar anak-anak, tokoh agama, tokoh pemuda dan masyarakat umum yang antusias meramaikan kegiatan pawai tersebut.

Di bagian depan terlihat Iring-iringan motor pengawalan dari pihak Subsektor Tinsel dan Babinsa, dan diikuti mobil sound dengan lantunan salawat sambil memainkan rebana. Di bagian belakang nampak terlihat anak anak sambil memegang obor hingga mengikuti lantunan salawat yang di bawahkan Ustad Ikbal.

Tak hanya itu, pawai obor pun dijaga dengan ketat oleh panitia dengan menggunakan tali rafia untuk mengatur keamanan agar tidak melewati garis tengah jalan trans sulawesi.

Camat Tinombo Selatan, Rony Adisatya Tombolotutu yang bisa disapa Pak Sandi, di lokasi finis titik nol (Tugu Khatulistiwa) menjelaskan, sekarang masyarakat boleh melaksanakan sholat tarawih berjamaah di masjid selama puasa Ramadhan. Dengan memperhatikan protokol kesehatan.

“Untuk masyarakat yang belum melakukan vaksin tahap 1 dan 2 agar segera melakukan vaksin, karena vaksin merupakan syarat untuk mudik sesuai instruksi presiden, jika memungkinkan vaksinasi akan di lakukan pada bulan puasa, jika tidak. Akan dilaksanakan setelah puasa tergantung kesepakatan hasil rapat lintas sektor besok.” Ucap camat

Di samping itu, masyarakat juga di himbau untuk membersihkan lingkungan dan tempat ibadah mengingat waktu puasa tinggal berapa hari lagi.

Lanjut, kegiatan pawai obor ini semoga bisa meningkatkan Silaturahmi dan semangat buat adik adik semuanya dalam menjalankan ibadah puasa pada bulan Ramadhan nantinya.

Diketahui bahwa, “memperingati datangnya bulan puasa ini dengan kegiatan pawai obor keliling khatulistiwa merupakan salah satu wujud nyata dalam rangka menjalin hubungan silaturahmi khususnya sebagai seorang muslim pada khususnya dan pada umumnya sebagai masyarakat. Tuturnya

Sementara itu, Agussalim selaku PJ Kepala Desa Khatulistiwa di temui di lokasi pawai mengatakan, ‘Alhamdulillah’ pawai obar menyambut Ramadhan 1443 Hijriah sesuai harapan, tidak lupa ucapan terima kasih kepada pak camat yang sudah hadir melepas kegiatan ini dengan resmi sampai selesai, dan ucapan terimakasih juga kepada staf pemerintah desa khatulistiwa beserta warga saya yang sudah kreatif dan banyak membantu ataupun mendukung kegiatan pawai obor ini.

Lanjut agussalim mengatakan, Pawai obor merupakan semangat kita dalam menyongsong bulan suci ramadhan. Api obor bermakna cahaya yang akan menerangi setiap umat muslim yang akan menjalankan ibadah puasa. Kata dia

Kegiatan pawai diikuti kurang lebih 200 Peserta dari Tingkat SD, SMP, SMA/Sederajat, Tokoh Pemuda dan masyarakat umum. Acara pawai dimulai Pukul 20.00 s/d Selesai.

“Atas nama Pemerintah Desa Khatulistiwa, saya mengucapkan selamat menjalankan Ibadah puasa, sucikan diri, bersihkan jiwa, menuju Ridha ilahi.”

Turut hadir dalam kegiatan ini Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Pemuda, Pemerintah Desa dan orang tua anak anak, Babinsa, Bhabinkamtibmas. Tutupnya.


Bagikan Artikel ini

Pos terkait