Sambut HPS 2022 di Parimo, Dinas Ketahanan Pangan Selaku OPD Teknis Matangkan Kesiapan

Bagikan Artikel ini

Pariwaraku.com – Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Parigi Moutong (Parimo) merupakan salah satu perangkat daerah yang mempunyai tugas dan fungsi terkait dengan program ketersediaan pangan, antisipasi kerawanan pangan, pendistribusian dan cadangan pangan, serta penganekaragaman konsumsi masyarakat. Program program tersebut kemudian dijabarkan dalam suatu kegiatan.

Demikian pernyataan Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Parigi Moutong Ir Amir Syarifuddin MSi saat di temui di kantornya, Jum’at (29/7/22).

Dalam melaksanakan tugas dan fungsinya kata Amir, Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Parigi Moutong lebih banyak berkoordinasi, misalnya untuk ketersediaan pangan banyak berkoordinasi dengan beberapa OPD misalnya Dinas Pertanian, Dinas Perikanan dan lain sebagainua untuk aspek produksi.

“Jadi semua bahan makanan untuk daerah kita, harus kita pastikan tersedia. Kemudian berkaitan dengan distrubusi tentu koordinasi kita dengan Perdagangan, bagaimana memantau pergerakan komoditi dan keterjangkauan pangan baik dari aspek ketersediaan maupun harga,”Jelasnya.

Lanjut Amir, jika berkaitan dengan keanekaragaman konsumsi dan kemanan pangan, itu bekerjasama dengan PKK untuk memanfaatkan pekarangan yang ada di rumah rumah penduduk, menyediakan lumbung hidup dan tanaman pekarangan dan lain sebagainya.

“Jadi banyak aspek yang berkaitan dengan pangan yang kita urus,”Kata Amir.

Selain itu Amir turut menyatakan, terkait kesiapan dari Dinas Ketahanan Pangan Parigi Moutong untuk menyambut Hari Pangan Sedunia (HPS) yang telah menjadi event tahunan nasional dan diperingati setiap bulan Oktober itu kata ia Parigi Moutong saat ini melakukan kesiapan kesiapan meyambut Event tersebut.

“Kita sudah melewati proses yang panjang. Kemarin kita sudah melakukan rapat rapat persiapan yang dihadiri oleh Kementrian,.dimana HPS ini akan tetap dilaksanakan di Provinsi Sulawesi Tengah dan menjadi tuan rumah adalah Kabupaten Parigi Moutong ditunjuk sebagai tempat pelaksanaanya,”Tuturnya.

“Apa yang dilakukan di HPS itu adalah bagaimana perkembagan keadaan pangan dari seluruh wilayah Kabupaten/Kota di Indonesia. Karena itu nanti ada pamerannya yang diikuti oleh seluruh Kabupaten/Kota se Indonesia,”Terangnya.

Lebih lanjut Amir katakan, persiapan yang tengah dilakukan saat ini menyiapkan lokasi kegiatan, cara bagaimana menangani peserta HPS, serta persiapan rangkaian kegiatan yang akan dilaksanakan nantinya sesuai dengan hasil rapat bersama Bupati dan Sekretaris Daerah Kabupaten Parigi Moutong.

Dalam hasil rapat tersebut kata Amir banyak pihak yang terlibat mulai dari OPD hingga masyarakat yang mempunyai tukposinya masing masing dalam kegiatan HPS.

“Kami berharap bagaimana masyarakat dapat menjaga keamanan, ketertiban dan kebersihan, karena ini dapat dipastikan akan kedatangan banyak tamu tamu dari luar daerah. Kemudian kita juga mengharapkan bagaimana kegiatan ini bisa sukses. Semua pihak stakeholder bisa berperan aktif dalam kegiatan itu,”Ujarnya.


Bagikan Artikel ini

Pos terkait