Resmi, Puan Maharani Jadi Ketua DPR Perempuan Pertama di Indonesia

Bagikan Artikel ini

Pariwaraku.com – Puan Maharani resmi menjadi Ketua DPR periode 2019-2024. Hal itu ditetapkan dalam rapat paripurna perdana DPR.

Rapat paripurna digelar di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (1/10/2019). Rapat dipimpin pimpinan DPR sementara, Abdul Wahab Dalimunthe, dari Fraksi Demokrat.

Abdul Wahab membacakan hasil keputusan rapat konsultasi yang telah digelar hari ini. Berdasarkan rapat, ditetapkan 5 pimpinan DPR periode 2019-2024.

Ketua dan Wakil Ketua DPR 2019-2024 dipilih berdasarkan hasil Pileg 2019. Partai yang berhak mendapat kursi pimpinan DPR adalah PDIP, Golkar, Gerindra, NasDem, dan PKB. PDIP berhak mendapatkan jatah kursi Ketua DPR karena keluar sebagai pemenang Pemilu 2019.

“Sesuai hasil rapat konsultasi, bahwa pimpinan DPR RI adalah sebagai berikut,” kata Abdul Wahab.

Puan Maharani dilantik bersama empat orang Wakil Ketua DPR RI yakni Azis Syamsuddin (Fraksi Partai Golkar), Sufmi Dasco Ahmad (Fraksi Partai Gerindra), Rahmat Gobel (Fraksi Partai Nasdem), dan Abdul Muhaimin Iskandar (Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa).

Setelah pengucapan sumpah dan janji jabatan, kemudian dilakukan penandatanganan berita acara pelantikan yang ditandatangani oleh Ketua MA, pimpinan DPR RI yang baru mengucapkan sumpah janji, serta saksi dari rohaniwan.

Setelah itu dilakukan penyerahan pimpinan sidang dari pimpinan sementara yakni anggota tertua Abdul Wahab Dalimunthe (Fraksi Partai Demokrat) dan Hillarry Brigitta Lasut (Fraksi Partai Nasdem) kepada Ketua DPR RI terpilih Puan Maharani serta empat Wakil Ketua DPR RI.

Penyerahan pimpinan tersebut ditandai dengan penyerahan palu sidang dan penyerahan buku memori kerja. Setelah itu, dilakukan foto bersama pimpinan DPR RI terpilih yang baru dilantik. Bahkan, pembawa acara memanggil Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri, untuk berfoto bersama pimpinan DPR RI yang baru dilantik.

Setelah itu, Puan Maharani menyampaikan pidato pertama sebagai ketua DPR RI periode 2019-2024.

 

 

Sumber : Detik.com/Antara


Bagikan Artikel ini

Pos terkait