Resmi, Laporta Terpilih Sebagai Presiden Barcelona

Joan Laporta saat menyampaikan pidato pertamanya (foto : Facebook/barcelonaindonesia)
Bagikan Artikel ini

Pariwaraku.comBarcelona menyelenggarakan pemilihan umum presiden baru pada minggu (7/3/2021) malam WITA. Sebelumnya, pemilihan presiden El Barca sempat ditunda beberapa kali akibat meningkatnya kasus COVID 19 di Spanyol.

Pada pemilu kali ini tiga kandidat calon presiden yaitu Joan Laporta, Victor Font, dan Toni Freixa bersaing memperebutkan suara dari 55.611 anggota klub yang menggunakan hak pilih mereka. Hasilnya Joan Laporta terpilih sebagai presiden Blaugrana periode 2021-2026.

Bacaan Lainnya

Dikutip dari situs resmi Barcelona, Laporta unggul mutlak dari dua pesaing lainnya. Laporta mengumpulkan 30.184 suara atau 54,28 persen dari jumlah pemilih seluruhnya. Sedangkan Font berhasil mengumpulkan 16.679 suara atau 29,99 persen dan Freixa hanya meraup 4.789 suara atau 8,58 persen.

Dalam Sambutan pertamanya Laporta mengucapkan terimakasih kepada seluruh anggota yang telah berpartisipasi dalam pemililan dan berjanji untuk memotivasi Lionel Messi untuk bertahan di Barcelona.

Sebelumnya jabatan presiden Barcelona diduduki oleh Joseph Maria Bartomeu yang mundur sebelum masa jabatannya usai. Keputusan itu diyakini tidak lepas dari kisruh yang terjadi di klub catalan, baik di level direksi maupun hubungan dengan pemain.

Bagi Laporta ini bukan kali pertama ia menjabat sebagai presiden Barcelona. Pria 58 tahun itu sebelumnya pernah mengemban tugas yang sama pada 2003 hingga 2010.


Bagikan Artikel ini

Pos terkait