Porprov Tidak Diundur Bila Anggaran Provinsi Cair September

Bagikan Artikel ini

Pariwaraku.com – Panitia lokal Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) IX-2022 Sulawesi Tengah (Sulteng) Kabupaten Banggai membutuhkan suntikan anggaran dari Provinsi agar Porprov berjalan sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan, 19-26 November 2022.

Ketua Bidang Kesekretariatan Panitia Porprov Banggai Sugianto Djanung memastikan Porprov berjalan sesuai jadwal apabila anggaran pendamping dari Pemerintah Provinsi Sulteng cair pada September 2022. “Sampai saat ini persiapan Porprov berjalan sesuai dengan tahapan. Kita berharap pada saat hari H pembukaan tepat sesuai dengan jadwal. Tapi kalau anggaran dari Provinsi belum cair juga September, kemungkinan akan tertunda,” kata Sugianto, Jumat (16/9).

Sugianto mengatakan dana dari Pemerintah Daerah Kabupaten Banggai sudah dan sebagian digunakan untuk proses tahapan dan kebutuhan Porprov agar berlangsung sesuai jadwal. “Dari panitia lokal disini berjuang sampai titik darah penghabisan. Namun kalau tidak kunjung cair juga mau apa dikata, terpaksa ditunda kalau dana dari Provinsi belum cair juga,” kata Sugianto.

Dana Pemda yang dialokasikan Rp15 miliar yang digunakan untuk operasional, kebutuhan pelaksanaan Porprov dan venue agar pada hari H, venue dan kebutuhan lain siap digunakan. Sementara dana dari Propinsi Rp10 miliar melalui APBD Perubahan tahun 2022 digunakan untuk menutupi kekurangan. “Memang disini sudah menggunakan anggaran dari Pemda dan kita berharap dana provinsi ini bisa secepatnya cair, paling tidak Rp6-7 miliar,” kata Sugi.

Sementara itu, Panitia Porprov dari Provinsi telah melaksanakan monitoring dan evaluasi (Monev) terkait dengan kesiapan Porprov di Banggai. Ketua Bidang Monev Hendi Maratua Sagala mengatakan panitia Porprov baik di provinsi dan kabupaten telah melaksanakan agenda dan tahapan sesuai jadwal.

Soal kesiapan venue, kata Hendi, telah dilakukan perbaikan dan pembangunan, misalnya venue panjat tebing telah dikerjakan, serta venue renang yang sementara diperbaiki. “Insya Allah soal sarana sudah berjalan. Jika tidak ada kendala venue, Porprov tidak diundur,” kata Hendi.

Mengenai anggaran dari Provinsi, Hendi mengatakan telah disahkan pada APBD Perubahan. “Kita berharap bersama-sama dana dari APBD Provinsi bisa segera cair,” kata Hendi. (bar)


Bagikan Artikel ini

Pos terkait