Polwan Salah Satu Instrumen Penting Mewujudkan Polri Yang Promoter

Bagikan Artikel ini
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Pariwaraku.com – Palu, Acara syukuran dalam rangka memperingati hari jadi ke-71 Polisi Wanita (Polwan) Republik Indonesia yang jatuh pada 1 September 2019 berlangsung meriah di Aula Torabelo Polda Sulteng,Kamis(5/9).

Acara yang bertemakan dengan “Semangat Promoter Pengabdian Polwan untuk Masyarakat Bangsa dan Negara” tersebut diikuti seluruh Polwan jajaran Polda Sulteng dan Polres serta dihadiri Ketua Bhayangkari Daerah Sulawesi Tengah selaku Ibu Asuh Polwan Ny.Yanti Lukman Wahyu, Wakapolda Sulteng Kombes Pol Setyo Boedi Moempoeni Harso,S.H,M.Hum, Irwasda Polda Sulteng, Pejabat Utama(PJU) Polda Sulteng dan para Kapolres jajaran Polda Sulteng serta pengurus Bhayangkari.

Bacaan Lainnya

Berikut susunan acara yang berlangsung dengan khidmat tersebut :

1. Marawis
2. Pembukaan
3. Menyayikan lagu Indonesia Raya
4. Menyanyikan lagu Mars Polwan
5. Pembacaan Do’a
6. Selayang Pandang
7. Paduan suara Polwan
8. Penyerahan Piagam penghargaan kepada Polwan yang berprestasi :
a. Bhabinkamtibmas Polsek Torue Polres Parimo an.Briptu Ni Nyoman Krisda Yuliani
b. Tim Penyelam Polwan Polda Sulteng dalam kegiatan pemecahan rekor dunia di Manado
c. Pemberian Tali Asih kepada orang tua Polwan korban Tsunami
d. Penyerahan pemenang lomba Maumere
9. Sambutan Kapolda Sulteng
10.Acara ramah tamah/pemotongan Tumpeng
11.Hiburan.

Kapolda Sulteng Brigjen Pol Drs. Lukman Wahyu Hariyanto,M.SI dalam sambutannya membacakan amanat Kapolri Jenderal Polisi Prof.Muhammad Tito Karnavian,P.hD.

“Selaku Kepala Kepolisian Negera Republik Indonesia, saya mengucapkan selamat hari jadi ke-71 Polisi Wanita Republik Indonesia. segenap doa senantiasa teriring kepada seluruh Polwan di mana pun bertugas, dari sabang sampai Merauke, dari Miangas sampai pulau Rote. Juga kepada para Polwan yang tengah melaksanakan penugasan  di luar negeri,  sebagai  pasukan dalam misi pemeliharaan perdamaian PBB, melaksanakan tugas di kedutaan dan Konsulat Indonesia di manca negara, maupun yang sedang menempuh pendidikan di berbagai perguruan tinggi luar negeri”. ucap Kapolri

Kapolri menjelaskan bahwa eksistensi Polwan dalam berbagai bidang penugasan telah menunjukkan prestasi yang membanggakan. Polwan menjadi salah satu elemen penting dalam mewujudkan institusi Polri yang Profesional, Modern, dan Terpercaya. hal tersebut selaras dengan tema peringatan hari jadi ke-71 Polwan tahun 2019, yaitu dengan semangat promoter, pengabdian polwan untuk masyarakat, bangsa, dan Negara.

Saat ini, 3 Polwan telah menyandang pangkat Brigjen, 65 Polwan berpangkat Kombes, 644 Polwan berpangkat AKBP, 959 Polwan berpangkat Kompol, serta 5.672 Polwan berpangkat Perwira Pertama. Tidak hanya itu, 4 Polwan juga sedang mengemban jabatan Kapolres, 14 Polwan sedang menduduki jabatan Wakapolres, dan 32 Polwan mengemban jabatan Kapolsek.

“Sejalan dengan hal tersebut, saya telah memberi kesempatan yang luas kepada para Polwan untuk mengikuti pendidikan pengembangan, baik di dalam maupun luar negeri, serta untuk menduduki jabatan operasional”terangnya.

loading…

Di dunia internasional, Polwan Republik Indonesia     juga    memiliki     kiprah    cemerlang. Sepanjang tahun 2019, 22 orang Polwan ikut melaksanakan Misi Pemeliharaan Perdamaian PBB di 7 negara, yaitu Afrika Tengah, Haiti, Mali, Congo, Sudan, Sudan Selatan, dan Yaman. Polwan Republik Indonesia juga mendapatkan kepercayaan untuk menjadi tuan rumah penyelenggaraan. Konferensi Tahunan ke-58 Asosiasi Polisi Wanita Internasional, yang akan dilaksanakan pada tanggal 4 sampai dengan 10 September 2020, di Yogyakarta.


Bagikan Artikel ini
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Pos terkait