Perpustakaan Salikuta; Solusi Tingkatkan Literasi Di Batusuya

Perpustakaan Salikuta Batusuya
Bagikan Artikel ini

Pariwaraku.comLiterasi adalah bagian terpenting dari pembangunan manusia yang dapat membuka jalan untuk memutus mata rantai kemiskinan pada masyarakat.

Sayangnya, literasi masyarakat Indonesia masih sangat rendah dan itu berpengaruh pada pembangunan sumber daya manusianya.

Bacaan Lainnya

Minat baca masyarakat di Indonesia masih terbilang cukup rendah. Berangkat dari data UNESCO tahun 2020 menunjukkan, minat baca masyarakat Indonesia sangat memprihatinkan, hanya 0,001%. Artinya, dari 1.000 orang Indonesia, cuma 1 orang yang rajin membaca.

Kabar baik datang dari Desa Batusuya, Kabupaten Donggala. Sebuah perpustakaan mini yang digagas oleh Ahmad, pemuda asal Batusuya. Ia sadar bahwa pemuda harus menjawab segala tantangan zaman. Salah satunya adalah literasi.

“Kami membangun perpustakaan bernama Salikuta ini bukan hanya untuk tempat membaca, tapi juga mengajar anak-anak mengaji (bagi muslim). Khusus remaja-remaja, kami ajarkan kursus bahasa inggris secara gratis. Selain itu, ada juga program-program kerajinan yang bisa menambah penghasilan untuk perawatan buku-buku atau pun menambah koleksi buku yang kami”, ujar Ahmad kepada Pariwaraku.com, Ahad 28 Februari 2021.


Bagikan Artikel ini

Pos terkait