Perkuat hubungan ke Stakeholder, Upaya KPU Donggala sukseskan PILGUB

Ketua KPU Kabupaten Donggala
Bagikan Artikel ini
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Pariwaraku.Com – Donggala, Penyelenggaraan Pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Tengah Tahun 2020 diharapkan berjalan aman dan sukses. Hal tersebut ditegaskan Ketua KPU Kabupaten Donggala M. Unggul ketika ditemui di ruang kerjanya Kamis (14/11/2019).

Menurut Unggul, keberhasilan penyelenggaraan Pilkada Gubernur 2020, tidak lepas dari pengelolaan hubungan dan kerja sama dengan pemangku kepentingan (stakeholder) di berbagai sektor baik sifatnya individu maupun kelompok/kelembagaan.

Bacaan Lainnya

Lanjutnya, pemangku kepentingan yang di maksud sebagaimana yang di atur dalam Pasal 58 ayat (2) Peraturan KPU No.8 tahun 2019 tentang tata kerja Komisi Pemilihan Umum, KPU Provinsi dan KPU Kabupaten/Kota, yaitu terdiri dari pemilih, peserta pemilu, organisasi masyarakat, perguruan tinggi, media masa, Bawaslu dan DKPP, Pemerintah Pusat, Provinsi dan Kabupaten, Kepolisian, TNI, Kejaksaan, Lembaga Peradilan dan pihak lain yang di perlukan.
“Di tahapan pilkada Gubernur ini kami akan selalu menjaga hubungan baik dan bekerja sama dengan stakeholder sebagai bagian utuh dalam mensukseskan penyelenggaraan pilkada Gubernur, tentunya dalam melakukan kerja sama dan koordinasi ini kami selalu berpegang pada prinsip-prinsip aksesibel, akuntabel, transparan dan proporsional”. Ujarnya.

Menurut Mantan Dosen IAIN Palu ini pemangku kepentingan akan dilibatkan dalam proses penyelenggaraan pilkada Gubernur, misalnya dalam proses sosialisasi, pengawasan internal dan kerja sama teknis di beberapa tahapan.

“Kita akan berusaha merangkul stakeholder untuk terlibat dalam penyelenggaraan pilkada Gubernur, sehingga bisa mendukung proses penyelenggaraan. Ini sudah pernah kita terapkan di pemilu 2019, tentunya ke depannya kita perbaiki dan tingkatkan lagi hubungan kerja sama yang baik ini” ungkapnya.

Selain itu, pihaknya juga optimis jika semua pihak stakeholder mendukung kerja-kerja KPU Donggala dalam mensukseskan penyelenggaraan, maka dipastikan pilkada Gubernur 2020 di kabupaten donggala akan berjalan aman dan sukses. “saya yakin jika semua stakeholder mau bekerja sama serta bahu membahu dalam mensukseskan pilkada Gubernur 2020 di Kabupaten Donggala, maka dipastikan penyelenggaraan di kabupaten donggala akan berjalan dengan aman dan sukses” tegasnya.

Selain itu, kesiapan KPU Kabupaten Donggala didukung oleh momen Pemilu serentak tahun 2019 yang belum lama usai. Sehingga kondisi personil baik Komisioner maupun Sekretariat KPU Kabupaten Donggala masih dalam keadaan segar untuk melaksanakan tahapan pilkada serentak 2020.” Kita sudah terbiasa mengelola pemilu yang 5 surat suara, di banding 1 surat suara di pilkada serentak 2020 nanti”. Tambahnya.

Sementara itu, dalam menopang kesuksan pilkada Gubernur ini, pihaknya akan memperkuat SDM di tingkat kecamatan dan desa. “ Kita akan perkuat SDM di badan Ad Hoc di tingkat Kecamatan (PPK) dan Kelurahan/Desa (PPS) dengan manusia-manusia yang berintegritas, independen dan profesional. Proses seleksinya akan lebih ketat dan selektif tentunya bersandar pada UU pilkada dan Peraturan KPU” tutupnya.

(SUMBER : KPU DONGGALA)

loading…

Bagikan Artikel ini
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Pos terkait