Peresmian Pondok Baca Salikuta, Pemerintah Desa Apresiasi

Bagikan Artikel ini

Pariwaraku.com – Mengawali akhir pekan pertama di bulan Maret (6/3), Pondok Baca Salikuta, Desa Batusuya, Kabupaten Donggala akhirnya diresmikan dan dihadiri oleh Direktur Eksekutif Sikola Mombine, Pemerintah Desa, Tokoh Masyarakat dan Kelompok Anak Muda yang bergerak mengampanyekan literasi.

Diketahui, Pondok Baca Salikuta didirikan oleh seorang pemuda asal Desa Batusuya yang juga merupakan salah seorang tanaga pendidik di desa itu.

Bacaan Lainnya

Dalam kegiatan peresmian Pondok Baca Salikuta yang dihadiri oleh Haplin selaku Sekretaris Desa mewakili Kepala Desa berpesan agar kegiatan-kegiatan positif semacam ini terus dipertahankan untuk menciptakan kondusifitas pemuda di desa dan dapat meningkatkan sumber daya manusia di Desa Batusuya.

“Kami (Pemerintah Desa) sangat mengapresiasi gerakan yang dibangun oleh teman-teman Pemuda Desa Batusuya. Ini akan menjadi awal yang baik untuk bagaimana kita membangun desa ini”, Ujar Haplin.

Selain itu, dalam sambutan Ahmad selaku koordinator Pondok Baca Salikuta menyampaikan harapannya agar sinergitas pemerintah desa dan pemuda melalui gerakan literasi di desa, sekiranya dapat ditingkatkan guna meningkatkan kualitas SDM di desa.

“Kami berharap, aktivitas positif yang dilaksanakan di Pondok Baca (Salikuta) ini dapat diberi dukugan dari pemerintah dan masyarkat desa. Hal ini tentu merupakan upaya untuk membangun desa ini agar lebih baik ke depan”, ujar Ahmad di hadapan tamu undangan.

Selain itu, Nur Safitri Lasibani Direktur Sikola Mombine menyampaikan bahwa gerakan literasi di desa adalah kunci untuk membangun desa sejak dini. Para remaja yang terlibat dalam kegiatan positif semacam ini akan membentuk karakter yang baik yang tentunya menjadi pemegang estafet kepemimpinan di masa depan.

“Sejak memutuskan untuk bekerjasama membangun Pondok Baca ini, saya percaya, anak-anak muda di Batusuya punya tekad yang kuat untuk membangun desanya. Melihat dari respons mereka yang sangat luar biasa saat mendengar bahwa Pondok Baca Salikuta telah dibangun”, ujar Nur Safitri.

Sementara itu, Ahmad juga menyampaikan proyeksi ke depan Pondok Baca Salikuta di hadapan tamu undangan acara peresmian yang dihadiri pemerintah, tokoh pendidikan, tokoh masyarakat dan tokoh agama.

“Pondok Baca ini bukan sekadar tempat berkumpul anak muda Batusuya. Kami akan menyusun program secara kolektif untuk pengembangan SDM melalui kegiatan-kegiatan positif seperti mengajar bahasa asing kepada anak-anak, belajar mengaji khusus bagi mereka yang muslim dan melakukan hal-hal yang bermanfaat untuk desa”, ungkap Ahmad.

Ahmad menyampaikan ungkapan terima kasih kepada Nur Safitri Lasibani dan Erfin Sudin (Tokoh Pemuda Batusuya) yang telah membantunya mewujudkan mimpi membangun desa melalui Perpustakaan Salikuta atau Pondok Baca Salikuta.

“Terima kasih Nur Safitri Lasibani selaku Direktur Sikola Mombine dan Erfin Sudin sebagai Tokoh Pemuda yang telah telah membantu dan memberikan support penuh kepada kami hingga Pondok Baca Salikuta ini diresmikan”, Pungkas Ahmad.


Bagikan Artikel ini

Pos terkait