Pentingnya Menjaga Ukhuwah Islamiyah

Bagikan Artikel ini

Pariwaraku.com – Allah memberi berkah kepada manusia atas banyak hal. Terlebih kepada umat Islam, Allah memberkahi banyak anugerah beberapa diantaranya adalah keteguhan agama dan persaudaraan. Persaudaraan di sini menjadi penting dan terikat kuat dibenak umat muslim

Persaudaraan juga memberi kita dorongan untuk selalu menjaga nilai-nilai silaturahmi antar umat muslim. Ini penting untuk menghindari perpecahan sesama umat muslim. Di sini pentingnya ukhuwah islamiyah (persaudaraan umat muslim).

Bacaan Lainnya

Seperti permasalahan pembangunan masjid Hidayatullah yang baru di Desa Bua Kec. Batudaa Kab. Gorontalo antara pihak ahli waris almarhum Jusuf Moonti dan pihak takmirul masjid hidayatullah agar mengedepankan asas musyawarah untuk mufakat demi menjaga kerukunan antar jamaah dan masyarakat.

sehingga tidak ada riak riak yang bisa menimbulkan konflik perpecahan antar sesama, sehingga permasalahan dapat diselesaikan dalam waktu yang cepat dan tidak akan menimbulkan persoalan atau sengketa dikemudian hari.

Persaudaraan adalah anugerah terbesar dari semua anugerah yang diberikan Allah kepada satu komunitas masyarakat (bisa satu agama atau satu bangsa). Sebaliknya, pertikaian, perselisihan atau permusuhan adalah hal buruk yang dialami oleh masyarakat.

Ini sesuai dengan firman Allah dalam surat Ali Imran ayat 103 yang berbunyi : “Dan berpeganglah kamu semuanya kepada tali (agama) Allah dan janganlah kamu bercerai berai, dan ingatlah akan nikmat Allah kepadamu ketika kamu dulu (masa jahiliyah) bermusuh-musuhan, maka Allah mempersatukan hatimu, lalu menjadilah kamu karena nikmat Allah, orang-orang yang bersaudara dan kamu telah berada di tepi jurang neraka, lalu Allah menyelamatkan kamu daripadanya. Demikianlah Allah menerangkan ayat-ayatnya kepada mu, agar kamu mendapat petunjuk nya.”


Bagikan Artikel ini

Pos terkait