Pengurus KONI Bangkep Dilantik, Husin Alwi Harapkan Olahraga di Bangkep Berkembang

Sekum KONI Sulteng, Husin Alwi melantik pengurus KONI Bangkep. Fhoto Humas KONI Sulteng
Bagikan Artikel ini

PALU,Pariwaraku.com – Sekretaris Umum KONI Sulteng Husin Alwi melantik pengurus KONI Kabupaten Banggai Kepulauan (Bangkep) Masa Bakti 2021-2025 di BPU Kecamatan Tinangkung Salakan, Kamis (16/12).

Ketua Umum KONI Bangkep dipimpin Rusly Moidady yang saat ini menjabat Sekretaris Daerah Kabupaten Bangkep. Pada pelantikan KONI Bangkep dirangkaikan Rapat Kerja Daerah KONI Bangkep.

Bacaan Lainnya

Hadir bersama Sekum, Bendahara Umum Andi Nur B Lamakarate, Direktur Eksekutif M Warsita, Wakil Ketua Helmy Umar dan Hendy Sagala dan media KONI Sulteng.

Dalam Sambutannya Ketum KONI Sulteng M Nizar Rahmatu, dalam hal ini diwakili oleh Sekum Husin Alwi mengatakan kepada jajaran pengurus KONI Bangkep bahwa ada tiga agenda besar KONI Sulteng yaitu Porprov 2022 di Luwuk, Sulteng Emas 2024, dan Bidding tuan rumah PON XXII-2028. Diharapkan tiga agenda besar itu menjadi perhatian KONI Bangkep dalam menyusun program Rakerda KONI Bangkep 2021.

Husin Alwi berpesan kepada jajajran KONI Bangkep membangun olahraga berdasarkan pilar pembangunan olahraga yaitu sport industri, sport tourism, sport science, sport intelegence.

Menurut Husin, KONI Bangkep bisa mengangkat cabang olahraga (Cabor) air seperti dayung, renang, atletik sesuai dengan topografi Banggai Kepualauan terdiri dari pulau besar dan kecil.

“Topografi Bangkep sangat menguntungkan mengangkat olahraga air yang bisa diharapkan menyumbang atlet pada Sulteng Emas 2024. PON 2024 di Aceh Sumatera Utara, kita menargetkan minimal 10 medali emas agar Sulteng tembus papan tengah atau 15 besar PON di Aceh dan Sumatera Utara” kata Husin Alwi.

Husin juga meminta jajaran pengurus KONI Bangkep bergerak cepat menuju Sulteng lebih maju dan lebih sejahtera dalam bidang olahraga. Semangat KONI Sulteng era sekarang menjadikan olahraga sebagai harga diri dan kebanggaan.

Olehnya KONI Bangkep pun demikian bisa menyelaraskan kakinya bergerak cepat bersama sama menbangun olahraga di Bangkep yang lebih maju dengan menjadiikan olahraga sebagai unggulan pembangunan di Bangkep. Bisa dengan memperbanyak event olahraga di bangkep.

“Di Bangkep bisa digelar event renang, balap sepeda, lari bahkan kejuaraan dayung. Jangan kita berpikir kita tidak bisa tetapi berpikirlah bisa, karena dengan mind set demikian, maka event yang dirasa tidak mungkin menjadi mungkin dilaksanakan,” kata Husin.

Dengan hadirnya KONI Bangkep setelah dua tahun vakum, harus nya bisa memberikan manfaat langsung kepada masyarakat.

“Saya berharap bisa dilaksanakan rutin event olahraga tingkat provinsi maka Menggerakkan perekonomian masyarakat. Ribuan orang hadir datang ke Bangkep pastinya perlu penginanpan, makan serta kebutuhan lain.

Yang paling penting dari event ini masyarakat bisa terhibur menyaksikan langsung evet ini pasti merasa terhibur dan berharap bisa diselenggarakan lagi event olahraga. Semangat ini harus bisa tertanam dalam pengurus KONI Bangkep yang baru saja dilantik,” kata Husin.

KONI Bangkep yang dilantik dan dikukuhkan rata rata orang baru. Selain Sekda ketua umum, Ketua Harian dijabat Delmard Siako mantan anggota DPRD Bangkep, sementara Sekum Asrul Uwe dan Bendahara Umum dijabat Yamin Yakobus.

Rusly usai dilantik mengatakan, akan berupaya sepenuhnya agar olahraga di Bangkep bisa berkembang. “Yang paling utama saya berkeinginan bisa dibangun Sport Center di tengah kota Salakan,” kata Rusly.

Disamping itu degan akan digelarnya Porprov tahun 2022 di Banggai, KONI Bangkep bertekad masuk jajaran lima besar pada multi event olahraga terbesar di Sulteng. “Tekad saya kabupaten Bangkep masuk lima besar pada Porprov yang dilaksanakan di Banggai Luwuk, karena Banggai Basudara termasuk Bangkep didalamnya,” kata Rusly.

Ia berharap dengan dilantik sebagai Ketua umum KONI Bangkep mendapat dukungan sepenuhnya dari DPRD, pemerintah dan masyarakat.

Bupati Bangkep Kombes Pol Purn H Rais Adam dalam sambutannya mengatakan, mendukung tekad KONI Bangkep lima besar Porprov 2022. Bahkan Rais Adam siap menjadi ketua kontingen Bangkep bpada Porprov 2022.

Rais Adam juga berharap KONI Bangkep dibawah komando Rusly Moidady bisa menggaet sponsor olahraga disamping APBD.

Rais Adam mengatakan KONI Bangkep yang bangun dari tidur saja bisa berprestasi dengan hasil Kejuprov atletik 2021dan Popda Donggala 2022 yang berhasil melahirkan atlet Bangkep juara. “Sedangkan KONInya lalu belum ada apalagi jika sudah ada,” ujar Rais Adam.

Rais Adam juga meminta pengembangan cabang olahraga di Bangkep menyesuaikan kondisi alam di Bangkep. “Seperti halnya Kendari unggul Cabor dayung, kita di Bangkep harus bisa seperti itu. Apalagi ada dua atlet Bangkep kita bisa mewakili Sulteng pada PON Papua,” kata Rais Adam.

(Mahmud Abas/ Humas KONI Sulteng).


Bagikan Artikel ini

Pos terkait