Pemkab Sigi Gelar Apel Siaga Darurat Bencana

Bupati Sigi Mohammad Irwan, S.Sos.,M.Si Saat Memimpin Apel Siaga Darurat Bencana, Di Desa Maku, Kecamatan Dolo, Rabu (27/10/2021)
Bagikan Artikel ini

Pariwaraku.com – Dalam rangka memperingati Bulan Pengurangan Resiko Bencana Tahun 2021, BPBD Kabupaten Sigi menggelar Apel Siaga dan Simulasi Darurat Bencana Gempa Serta Banjir Integrasi Covid-19 di Kabupaten Sigi, bertempat di Desa Maku Kecamatan Dolo.

Apel tersebut dipimpin oleh Bupati Sigi Mohamad Irwan, S.Sos., M.Si, dengan peserta apel dari kalangan TNI, Polri, Basarnas dan BPBD Kabupaten Sigi, dan kalangan masyarakat. Kegiatan Simulasi Bencana ini dilaksanakan sebagai latihan dan langkah antisipasi Pencegahan dan Kesiapsiagaan terhadap bencana gempa bumi dan banjir.

Bacaan Lainnya

Selamat Hari Sumpah Pemuda, 28 Oktober 2021

Bupati dalam sambutannya berharap melalui kegiatan ini seluruh komponen baik pemerintah, TNI, Polri dan masyarakat dapat melakukan tindakan cepat dalam penanganan tanggap darurat, guna meminimalisir korban dampak bencana, serta segera bangkit dan Pulih dari efek bencana.

Usai gelar apel, Bupati Sigi meresmikan gedung Pusat Pengendali Operasi Penanggulangan Bencana Kabupaten Sigi (PUSDALOPS-PB). Gedung ini merupakan bantuan dari NGO Islamic Relief Indonesia.

Setelah itu Bupati bertolak menuju ke Desa Rogo Kecamatan Dolo Selatan, guna mengikuti dan meninjau pelaksanaan simulasi darurat bencana yang dilaksanakan secara serentak di Kecamatan Dolo Selatan, sebagai kawasan rawan banjir.

Bupati juga meninjau lokasi tempat Sistem Peringatan Dini di Desa Pulu yang difasilitasi oleh Yayasan Mercy Corps Indonesia. Dengan adanya alat ini diharapkan masyarakat dapat merespon informasi bencana dengan cepat dan tepat. Kesigapan dan kecepatan reaksi masyarakat diperlukan karena waktu yang sempit dari saat dikeluarkannya informasi dengan saat dugaan datangnya bencana.

Kegiatan Simulasi ini didukung oleh beberapa NGO yang telah bekerjasama dalam penanggulangan bencana di Sigi, antara lain; Islamic Relief, ADRA Indonesia, Yayasan Care Peduli, Mercy Corps Indonesia, LBH APIK-JMK Oxfam, CWS Inanta, Wahana Visi Indonesia, Karsa Institute, PMI, Perkumpulan Imunitas, HWDI, Plan Indonesia-REDR-Pujiono Centre-MDMC, dan Sheep Indonesia.

 

Sumber : Humpro Sigi


Bagikan Artikel ini

Pos terkait