Pemkab Donggala Menggelar Rapat Evaluasi RPJMD Tahun 2019-2023

Sekretaris Daerah Kabupaten Donggala, Dr. Rustam Efendi, S. Pd., SH., M. Ap, saat membuka rapat evaluasi RPJMD
Bagikan Artikel ini

Pariwaraku.com – Pemerintah Daerah Kabupaten Donggala melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Kabupaten Donggala, melaksanakan Rapat Evaluasi Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Donggala tahun 2019-2023, di Ruang Kasiromu Kantor Bupati Donggala, Kamis (21/10/21)

Rapat evaluasi yang dibuka oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Donggala, Dr. Rustam Efendi, S. Pd., SH., M. Ap, dihadiri Staf ahli, pimpinan OPD, Kepala Bagian dan Camat Se-Kabupaten Donggala, tim evaluasi RPJMD tahun 2019-2023 serta narasumber dari Tim Akademis.

Bacaan Lainnya

Selamat Hari Sumpah Pemuda, 28 Oktober 2021

Kepala BAPPEDA, Mohammad Ali, S. Pd., MM, dalam laporannya menyampaikan latar belakang dilaksanakannya kegiatan tersebut yaitu RPJMD Kabupaten Donggala tahun 2019-2023, memasuki pelaksanaan tahun ketiga, dalam rangka monitoring pencapaian target capaian RPJMD pada berbagai program pembangunan dengan mendasarkan pada target RPJMD yang telah ditetapkan, dan evaluasi hasil RPJMD menjadi sangat penting untuk mengetahui indikator mana yang telah tercapai, telah sesuai jalur (on the track) dan indikator mana yang belum tercapai.

Adapun tujuan dilaksanakannya evaluasi RPJMD Kabupaten Donggala antara lain yaitu agar mengetahui pencapaian target kinerja, baik indikator kinerja sasaran, indikator kinerja program, maupun indikator kinerja daerah yang telah ditetapkan dalam dokumen RPJMD.

Sementara itu, Bupati Donggala dalam sambutannya yang dibacakan oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Donggala, Dr. Rustam Efendi, S. Pd., SH., M. Ap, mengatakan
rapat evaluasi sangatlah penting karena bukan semata-mata memenuhi pasal 264 ayat (5) undang-undang Nomor 23 tahun 2014, termasuk persyaratan teknis penyusunan revisi RPJMD sebagaimana diatur dalam Permendagri Nomor 86 tahun 2017.

Tetapi juga momentum, untuk menyusun kesuaian yaitu sinergitas dan sinkronisasi dalam menyempurnakan tujuan serta sasaran dari visi dan misi Pemerintah Daerah, termasuk strategi dan arah kebijakan pembangunan Daerah yang tepat sasaran.

Pada pertemuan evaluasi revisi RPJMD tersebut, tentu akan menjadi panduan dalam menyatukan langkah bersama yang harmonis, konsisten, dan berkesinambungan, guna mewujudkan Kabupaten Donggala yang sejahtera berdaya saing, mandiri dan berkelanjutan dengan berpijak pada nilai kearifan lokal.

Ditambahkannya, di tahun 2021 atau tahun ketiga pelaksanaan RPJMD Kabupaten Donggala tahun 2019-2023, perubahan sangat perlu dilakukan karena telah memenuhi syarat sebagaimana diatur dalam pasal 264 ayat (5) undang-undang nomor 23 tahun 2014 dan pasal 342 ayat (3) peraturan Mentri Dalam Negri Nomor 86 tahun 2017.

Olehnya Sekda meminta kepada para peserta rapat evalusi RPJMD Kabupaten Donggala 2019-2023, untuk tetap mengikuti rapat secara aktif hingga acara usai dengan memberikan masukan, saran, kritikan yang inovatif dan cerdas serta membangun, guna kesempurnaan revisi perubahan RPJMD 2019-2023.

Selain itu Sekda juga meminta kepada para Pimpinan OPD, untuk mendalami dan memahami RPJMD tersebut secara utuh.

“Karena substansinya masih bersifat makro, oleh karena itu perlu dan harus diturunkan menjadi rencana strategis perangkat daerah dengan target kinerja yang lebih spesifik, semakin mendalam pemahaman terhadap RPJMD maka Pimpinan OPD akan mampu mewujudkan kinerja organisasinya sampai level teknis,” Tutup Sekda. (*)

(Rilis/Lili)


Bagikan Artikel ini

Pos terkait