Pemkab Donggala Gelar Rakor Dalam Rangka Penangan & Percepatan Vaksinasi Covid-19 Di Kabupaten Donggala Tahun 2021

Bagikan Artikel ini

Pariwaraku.com – Pemerintah Daerah Kabupaten Donggala melaui Dinas Kesehatan Kabupaten Donggala menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) dalam rangka Penanganan dan Percepatan Vaksinasi Covid-19 Di Kabupaten Donggala Tahun 2021.

Dimana Rakor yang dilaksanakan merupakan evaluasi, inovasi dan pemantapan strategi dalam peningkatan capaian total penanganan vaksinasi di Kabupaten Donggala.

Bacaan Lainnya

Kegiatan yang diselenggarakan di Hotel Best Westren Plus Coco Palu, tersebut dimulai Pukul 09.20 Wita sampai dengan selesai, dihadiri oleh Forkopimda Donggala, Staf Ahli, Kepala Badan Kesatuan Bangsa Dan Politik Tafip, S. Sos., M. Si, Kepala BPBD Dr. Ir. H. Akris Fattah Yunus, MM, dan Kepala Dinas Sosial Muhammad, S. STP., M. Si, Kepala Dinas Pemberdayaan Dan Desa Abraham, SE, serta Kabid P2 Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Tengah dr. Djumriani.

Dalam kesempatan itu, Gubernur Sulawesi Tengah yang diwakili Plt. Sekretaris Provinsi Sulawesi Tengah, H. Mulyono, SE., AK., MM, saat membuka secara resmi Rakor menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Pemkab Donggala dan bersyukur atas melandainya penyebaran kasus Covid-19 di Kabupaten Donggala.

Sehingga PPKM Kabupaten Donggala kini berada pada level 2, tentu dengan hasil tersebut akan sangat mempengaruhi terhadap laju pemulihan ekonomi daerah, bangkitnya kepercayaan publik dan dukungan terhadap program-program pemerintah dalam mengatasi Covid-19.

Namun demikian, keberhasilan tersebut jangan membuat kita terbui karena sesungguhnya Covid ini masih ada dan nyata ancamannya, olehnya kedisiplinan protokol kesehatan diharapkan jangan berkurang dan jangan kendor.

Sementara itu Bupati Donggala diwakili Asisten Administrasi Umum Dee Lubis, SH., MH, menyampaikan dalam upaya penanggulangan Pandemi Covid-19 yang dilakukan oleh petugas kesehatan bersama-sama dengan komponen yang lain melalui sosialisasi, promosi, Komunikasi Informasi dan Edukasi (KIE), kepada masyarakat juga diharapkan dapat mampu menarik minat masyarakat, untuk ikut berpartisipasi dalam vaksinasi yang digelar di puskesmas dan gerai vaksin di polres, vaksinasi massal di Polsek dan di desa-desa sesuai jadwal yang ditetapkan.

“Pada tahun 2021 Pemkab Donggala telah mengalokasikan anggaran penanggulangan Covid-19, hal tersebut dilakukan sebagai bentuk perhatian antara Pemerintah Pusat dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Donggala, melalui Refocusing anggaran APBD tahun 2021 dalam rangka perlindungan masyarakat yang harus diwujudkan dan merupakan amanah undang-undang kesehatan seluruh masyarakat Kabupaten Donggala,” ungkapnya.

Sehingga diharapkan dengan kegiatan Rakor tersebut, dapat meningkatkan derajat kesehatan masyarakat Kabupaten Donggala yang lebih baik menuju Donggala “KANA MASEHA” sebagaimana yang telah dituangkan ke dalam dokumen RPJMD 2019-2023.

Ditempat yang sama Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Donggala, H. Muzakir Ladoali, S. Sos., M. Si, dalam laporannya menyampaikan tujuan dilaksanakan Rakor tersebut antara lain yaitu membangun komunikasi yang lebih baik dengan Pemkab melalui OPD terkait, kecamatan, desa/kelurahan serta institusi Aparatur TNI Polri dan upaya-upaya lain dalam rangka pengendalian pandemi dan percepatan vaksinasi Covid-19 merata di seluruh kecamatan dan desa, minimal 70% dari kelompok sasaran diakhir tahun 2021.

Dimana Rakor dilaksanakan selama 3 (tiga) hari mulai tanggal 6 s/d 8 Oktober 2021 dengan peserta yang terdiri dari Camat Se-Kab. Donggala, Kapolsek, Danramil, Kepala Puskesmas, Kepala Desa, Lurah, dan RSUD Kabelota, RSUD Pendau serta Dokter Umum.

Muzakir juga menyampaikan bahwa kegiatan Rakor tersebut diawali dengan rapat pertemuan tenaga kesehatan yang diikuti oleh Dokter Puskesmas, Kepala Puskesmas, Direktur RSUD Kabelota dan RSUD Pendau Tambu serta seluruh Pejabat Dinkes Kab. Donggala untuk melakukan evaluasi terkait keadaan tenaga kesehatan/tim Vaksinator, sarana pendukung dan keadaan vaksin serta logistik lainnya.

Dimana rapat pertemuan tenaga kesehatan tersebut menghasilkan beberapa rencana mufakat antara lain yaitu pertama dalam mempercepat capaian vaksinasi Dinkes Kab. Donggala menambah atau membentuk tim vaksinator dari 20 tim menjadi 31 tim.

Kedua kesuksesan pelaksanaan penanganan pandemi dan vaksinasi Covid-19 memerlukan dukungan oleh seluruh pihak TNI, Polri, OPD terkait, Satgas Covid-19 Pemerintah kecamatan, Desa/kelurahan serta ketersediaan vaksin yang disalurkan oleh Pemerintah Pusat melalui Dinkes Propinsi Sulawesi Tengah.

Dilanjutkan dengan diskusi Panel denga narasumber Kepala BPBD Donggala, Asisten Bidang Administrasi Umum, Kepala Bidang P2 Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Tengah, Pabung Donggala dan Kabag Sunda Donggala (*)

Penulis: Lili


Bagikan Artikel ini

Pos terkait