Nizar Rahmatu Masuk Nominasi Penerima Award SIWO PWI 2022

Bagikan Artikel ini

Pariwaraku.com – Gebrakan serta terobosan M Nizar Rahmatu selaku Ketum KONI Provinsi Sulawesi Tengah yang memiliki gagasan out of the box, mulai menuai hasil.

Terbukti dari 34 Ketum KONI di Indonesia, Nizar Rahmatu sosok muda yang visioner ini masuk nominasi penerima penghargaan “Inisiator Olahraga” dari Seksi Wartawan Olahraga  Persatuan Wartawan Indonesia (SIWO PWI) pada Rakernas Siwo PWI dan Hari Pers Nasional (HPN) di Kendari, Sulawesi Tenggara tanggal 8-9 Februari 2022.

Delapan kriteria akan menjadi pijakan bagi SIWO PWI untuk memilih Ketum KONI penerima penghargaan, Inisiator Olahraga yakni pertama memiliki Kantor refresentatif serta tertib administrasi.

Kedua, mempunyai hubungan harmonis baik dengan Pemprov, DPRD maupun BUMD. Tiga, mampu mendorong Pemprov membangun sarana dan prasarana olahraga bertaraf Nasional dan Internasional. Keempat, mampu memperjuangkan anggaran olahraga dalam APBD. Kelima, mampu mengangkat prestasi olahrag daerah. Keenam aktif mendorong Pemprov untuk mengikuti Kejurnas dan mengirimkan kontingen daerah ke PON. Ketujuh aktif menggelar Pekan Olahraga Provinsi (PORPROV) serta Kedelapan aktif mendorong Cabang olahraga menggelar Kejurda secara rutin dan Kejurnas maupun Internasional.

Menurut Ketua SIWO PWI Sulteng Setiyo Utomo, dari delapan kriteria tersebut, Ketum KONI Sulteng telah membuktikan dan mewujudkan. Sebagai contoh, berkat hubungan yang harmonis dengan Pemprov dan DPRD, anggaran KONI Sulteng dinaikkan, termasuk hubungan dengan pihak swasta dan BUMD.

Terkait tertib administrasi, KONI Sulteng dalam setiap tahunnya menerima predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK-RI. Termasuk pemerataan penyaluran anggaran ke Pengprov Cabor. Belum lagi kepedulian KONI Sulteng baik terhadap atlet berprestasi maupun dalam aspek sosial kemasyarakatan.
Dari capaian prestasi, di era kepemimpinan Nizar Rahmatu, prestasi olahraga terus meningkat, bahkan di ajang PON XX Papua, tercipta sejarah baru bagi kontingen Sulteng dalam mendulang pundi-pundi medali.

Yang paling fantastik, saat ini telah terbangun dengan megah Gelora Bumi Kaktus (GOR) yang berstandar Nasional. ” Jika kemudian Nizar Rahmatu masuk nominasi sebagai penerima Award SIWO PWI, terpantaskan karena indikatornya sangat jelas,” kata Setyo Utomo, Rabu 2 Pebruari 2022.

Bahkan SIWO PWI Sulteng mencatat, pria asal Pantai Timur Kabupaten Parigi Moutong yang kerap tampil confident, dinamis serta familiar ini dikenal sebagai salah satu inspirator dan penggagas lahirnya desain besar olahraga Sulteng melalui Program Sulteng Emas 2024. Tidak hanya itu, tambah Setyo berkat tangan dinginnya Pekan Olahraga Provinsi (PORPROV) 2022, Insya Allah terselenggara di Kabupatan Banggai setelah Kabupaten Buol gagal sebagai tuan rumah.

Menurut Setiyo, penobatan Inisiator Olahraga selain diberikan kepada lima Ketum KONI, juga penghargaan ini akan diberikan kepada Kepala Daerah baik itu, Gubernur maupun Bupati dan Walikota.

Penghargaan ini akan diserahkan langsung oleh Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali pada 8 Februari kemudian
acara puncaknya 9 Februari yang bertepatan dengan Hari Pers Nasional (HPN) yang dihadiri langsung Presiden Joko Widodo.

Penulis.: Agus Manggona


Bagikan Artikel ini

Pos terkait