Nizar Rahmatu: Bangun Pola Kemitraan Wujudkan Sulteng Emas

Bagikan Artikel ini

Pariwaraku.com – Ketua Umum KONI Provinsi Sulawesi Tengah M Nizar Rahmatu melibatkan sponsor membangun prestasi olahraga di Sulteng. Khususnya dalam menyukseskan program Sulteng Emas 2024 yang baru saja dilaunching semalam pada prosesi pelantikan Pengurus KONI periode Sulteng 2021 – 2025 di Hotel Sutan Raja.

Menurut Nizar, membangun olahraga perlu dukungan dana swasta selain menjadi tanggung jawab APBD. Namun bukan berarti berpangku tangan sepenuhnya pada APBD, sebagaimana harapan Gubernur Sulteng agar PON 2024 bisa sukses maka perlu dukungan bapak angkat. Pola kemitraan ini telah dijalankan pada PON XX 2024 Papua.

Bacaan Lainnya

Selamat Hari Sumpah Pemuda, 28 Oktober 2021

“Berapa cabang olahraga (Cabor) unggulan untuk untuk kita prioritaskan kemudian kita carikan bapak angkatnya. Memang membangun olahraga kita tidak bisa berharap sepenuhnya dari APBD. Dengan pola sponsorship, pola kemitraan yang kami coba di awal menjelang puslatda, Alhamdulillah bekerja sama dengan tim work (tim kreatif), tidak sampai dua bulan kami mendapatkan partisipasi dari pihak swasta sejumlah hampir Rp3 miliar. Pihak Sutan Raja juga terlibat dalam pola kemitraan ini dengan potongan harga kamar. Pihak sutan raja mau terlibat dan tercatat tinta sejarah Sulteng mau membangun olahraga,” kata Nizar.

Nizar Rahmatu berharap para sponsor membuka mata dan mata hati melihat prestasi Olahraga Sulteng. Pada PON Papua baru baru ini, prestasi olahraga Sulteng melejit hingga terlepas dari juru kunci. Prestasi tersebut tidak lepas dari peran sponsor. Prestasi PON XXI 2024 melalui Sulteng Emas 2024 diharapkan peran sepenuhnya dari sponsor.

“Anomali jika sumber daya alam kita digali triliunan rupiah, masak sih membangun harga diri dan kebanggan sulteng melalui olahraga itu tidak bisa, itu sangat anomali,” kata Nizar Rahmatu.

Setelah rapat kerja KONI Sulteng dan dan workshop, KONI Sulteng akan menggelar Gala Dinner di Jakarta untuk menggaet sponsor. Menurut Nizar, para direktur direktur dan komisaris utama 52 investor yang ada di Sulteng ini tinggal di jakarta. “Sehingga kami membuat di Jakarta agar tidak merepotkan mereka untuk menjadi bapak angkat unggulan olahraga di Sulteng,” kata Nizar.

Sebagiaman perintah Gubernur Sulteng H Rusdy Mastura, terdapat 10 Cabor unggulan dan 1 sepakbola menjadi prioritas pembinaan olahraga Sulteng Emas 2024. Sepakbola dilibatkan sesuai amanat presiden yang tertuang dalam Inpres No 3 tahun 2019 tentang Pembinaan Persepakbolaan Nasional.

Sulteng Emas 2024 dijabarkan lebih teknis pada workshop. Sulteng Emas 2024 ialah program pembinaan olahraga untuk peningkatan prestasi provinsi Sulteng pada PON XXI 2024 di Provinsi Aceh dan Sumatera Utara dengan perolehan medali minimal 10 emas dengan tujuan Sulteng bisa tembus papan tengah peringkat PON. (*)

Sumber : Humas KONI Sulteng


Bagikan Artikel ini

Pos terkait