Menangi Pemilu, Joe Biden Jadi Presiden Tertua dalam Sejarah AS

Bagikan Artikel ini

pariwaraku.com – Joe Biden dan Kamala Harris sudah resmi menjadi pasangan presiden dan wakil presiden Amerika Serikat (AS).

Keberhasilan mereka ini mengukirkan beberaoa sejarah, diantaranya adalah Harris menjadi wanita pertama yang menjadi wapres dalam sejarah AS.

Selain itu, Biden juga akan menjadi presiden AS tertua saat dilantik dalam sejarah AS.

Pada 20 November 2020 yang akan datang, Biden akan berusia 78 tahun. Ia lahir pada tahun 1942, di masa Perang Dunia II berlangsung.

Melansir dari dalam wawancara bersama, ia mengaku wajar apabila masyarakat membicarakan soal usianya.

Meskipun begitu, ia memastikan semoga dengan usianya yang sudah tua itu bisa muncul kebijaksanaan untuk AS.

“Mudah-mudahan, saya bisa menunjukkan bahwa dengan usia, datang kebijaksanaan dan pengalaman yang bisa membuat segalanya jauh lebih baik. Itu untuk Anda semua yang memutuskan, bukan saya yang memutuskan,” kata Biden.

Sebelumnya, rekor presiden AS tertua dipegang oleh rival dari Joe Biden di Pilpres AS itu sendiri, yakni Donald Trump.

Trump berusia 70 tahun ketika dilantik untuk menjadi presiden AS pada 20 Januari 2017 lalu.

Kemudian, ada Ronald Reagan yang berusia 69 tahun saat dilantik pada 1981. Reagen berusia 77 tahun saat meninggalkan kedudukannya sebagai presiden pada tahun 1989.

Adapun Biden akan resmi menjadi presiden AS nanti ketika dilantik pada 20 Januari 2021.

KesehatanJoe Biden

Dokter Biden, Kevin C O’Connor, mengatakan, Biden memiliki detak jantung yang tak teratur.

Dia mengatakan, Biden tak perlu pengobatan atau perawatan lain terkait kondisinya yang disebut dengan fibrilasi atrium nonvalvular.

Pada Desember 2019, dokter Biden pernah menuliskan laporan yang menjelaskan bahwa mantan wapres AS era Barack Obama itu dalam kondisi sehat, kuat, dan bugar untuk menjalankan tugas kepresidenan.

Biden pada era kepresidenan Barack Obama menjabat sebagai wakil presiden selama delapan tahun. Banyak pengalaman yang telah dimilikinya dinilai sebagai hal yang cocok untuk menjadi presiden.

Sir Peter Westmacott, yang pernah menjadi duta besar Inggris untuk AS selama masa Obama, mengatakan kepada Sky News bahwa Biden memang sudah tua untuk calon presiden.

“Namun, dia sangat berpengalaman. Dia punya banyak kontak luar biasa di seluruh dunia. Dia tahu banyak dan sangat peduli tentang berbagai negara yang harus dia kenal,” ujar Westmacott.

“Dia akan menjadi orang yang mengerti bahwa di banyak bidang dia perlu memiliki orang-orang muda yang mampu untuk didelegasikan daripada mencoba melakukan semuanya sendiri,” lanjutnya.


Bagikan Artikel ini

Pos terkait