Memperingati Hari Kanker Sedunia 2021 Ditengah Masa Pandemi COVID-19

Bagikan Artikel ini

pariwaraku.com – Hari Kanker Sedunia selalu dirayakan setiap 4 Februari. Tahun ini, tema Hari Kanker Sedunia adalah “I Am And I Will” yang diartikan sebagai komitmen dalam diri untuk melakukan sebuah tindakan.

Pada perayaan Hari Kanker Sedunia, tahun ini mengambil sub tema “Together, all our actions matter”, dengan harapan 2021 semua masyarakat bisa bersama-sama melakukan sesuatu, karena semua tindakan kita penting.

Bacaan Lainnya

Sehingga pada perayaan Hari Kanker Sedunia 4 Februari ini siapa pun Anda, tindakan besar dan kecil, akan bisa membuat perubahan positif karena tidak ada yang tidak mungkin.

2021 juga menandakan tahun terakhir kampanye ‘I Am And I Will’ yang menunjukkan bahwa tindakan kita berdampak pada semua orang di sekitar, seperti di lingkungan, komunitas, dan kota tempat tinggal.

Tahun ini juga sebagai pengingat akan kekuatan kerja sama dan aksi kolektif yang abadi. Ketika memilih untuk bersatu, maka akan bisa tercapai apa yang kita semua inginkan, yakni dunia yang lebih sehat dan lebih cerah tanpa kanker.

Cara merayakan Hari Kanker Sedunia di tengah pandemi COVID-19

Melansir laman Cancer Research.org Anda bisa ikut merayakan Hari Kanker Sedunia dengan beberapa cara di antaranya,

1. Bergabunglah dengan Tantangan 21 Hari atau 21 Days to Impact
Challenge.

Selama dua tahun terakhir, para pendukung Hari Kanker Dunia di seluruh dunia telah membagikan komitmen ‘I Am And I Will’ – menjanjikan tindakan berani dan berani untuk mengurangi dampak kanker.

2021 adalah tahun terakhir kampanye ‘I Am And I Will’, melalui 21 Days to Impact Challenge, Anda bisa membuat atau melakukan hal positif dan tindakan kecil tetapi memiliki dampak dan bermakna.

“Perlu 21 hari untuk menciptakan kebiasaan positif. Jadi, untuk 2021, apakah Anda berkomitmen untuk meningkatkan kesehatan pribadi Anda, mendukung seseorang yang Anda cintai dengan kanker, mendidik diri sendiri tentang kanker, berbicara menentang kanker, atau membuat sejarah dengan membantu menghilangkan kanker serviks, daftar ke salah satu dari lima tantangan untuk menerima inspirasi harian dan bimbingan praktis.” tulis laman World Cancer Day.org

Cara mengikutinya Anda bisa mengakses laman World Cancer Day.org lalu ikuti langkah berikut,

– Pilih salah satu dari lima tantangan
– Mendaftar
– Setiap pagi, terima email dengan aktivitas, inspirasi, pelajaran atau
petunjuk baru
– Lebih dekat untuk memenuhi komitmen ‘I Am And I Will’

2. Bagikan kisah Anda

Bagi Anda yang sedang berjuang dengan kanker, Anda bisa membagikan kisah yang saat ini sedang Anda alami, bagaimana perjuangan Anda dan bagaimana Anda mengatasi setiap masalah yang timbul karena kanker.

Selain itu bagi Anda yang memiliki keluarga, teman, sahabat atau kolega yang sedang berjuang dengan kanker, Anda juga bisa membagikan kisah bagaimana Anda mendampingi orang tercinta yang hidup dengan kanker.

Bagi Anda yang sudah sembuh dari kanker, Anda juga bisa membagikan kisah dan cerita bagaimana Anda bisa sembuh dari kanker. Kisah-kisah ini bisa menginspirasi dan saling menguatkan orang lain yang saat ini mungkin sedang berjuang melawan kanker.

3. Buat poster khusus Anda sendiri

Anda bisa membuat poster yang berisi informasi misal bagaimana pola hidup sehat agar terhindar dari kanker. Selain itu bisa juga membuat poster yang berisi informasi soal cara mendeteksi kanker sejak dini, misal cara melakukan pemeriksaan payudara sendiri untuk mengetahui ada tidaknya tanda penyakit kanker.

4. Penggalangan dana untuk penelitian kanker

Hari Kanker Sedunia juga bisa dirayakan dengan cara melakukan penggalangan dana. Dana yang terkumpul bisa Anda salurkan melalui lembaga-lembaga terpercaya yang sedang melakukan penelitian terkait kanker.

5. Beri donasi

Selain melakukan penggalangan dana untuk mendukung penelitian kanker, Anda juga bisa memberikan donasi kepada mereka yang menderita kanker atau lembaga yang menyediakan tempat singgah bagi para penderita kanker di beberapa daerah di Indonesia.

6. Buat acara workshop atau seminar online

Hari Kanker Sedunia juga bisa dilakukan dengan membuat acara, seminar atau workshop online yang mengangkat tema seputar kanker, seperti bagaimana gaya hidup yang rentan mengakibatkan kanker atau soal bagaimana cara berdamai dengan kanker bagi mereka yang sedang berjuang sembuh dari kanker.

 


Bagikan Artikel ini

Pos terkait