Launching Program Perempuan dalam Politik di Sulawesi Tengah

Bagikan Artikel ini

Pariwaraku.com – Guna mendorong partisipasi perempuan dalam kepemimpinan politik sebagai strategi kesetaraan gender agar tidak terjadi kesenjangan gender dalam kehidupan bermasyarakat. Yayasan Sikola Mombine bersama dengan mitra kunci terkait membangun komitmen untuk melalukan inisiasi dalam mendorong kepemimpinan perempuan dan kesadaran masyarakat dalam isu politik gender dan kepemimpinan perempuan.

Bertempat di Teko Cafe jalan tanjung dako Lolu Selatan, Kegiatan kick off meeting program Perempuan dalam Politik dilaksanakan pada Rabu 9 Juli 2022 yang dihadiri oleh Dr. Sahran Raden,S.Ag,SH,MH Anggota KPU Provinsi Sulawesi Tengah Divisi Sosialisasi, Pendidikan. Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM, ZATRIAWATI, SE., M.P.W.P · Anggota Bawaslu Provinsi Sulawesi Tengah.

Bacaan Lainnya

Koordinator Divisi Organisasi dan Sumber Daya Manusia, Irnawastu, Kepala Seksi Bidang Kualitas Hidup Perempuan, DP3A Provinsi, Perwakilan perempuan pengurus partai politik, Perwakilan media yakni Aliansi Jurnalis Independen, Persatuan Wartawan Indonesia, Soal Palu Digital Media, Tadulako Muda, Ketua Forum Pemilu Sulteng, Perwakilan Mahasiswa dan Komunitas Anak Muda Lainnya.

Dalam pertemuan ini Sikola Mombine Mendengarkan dan merumuskan masukan strategis dalam pelaksanaan program ini kedepannya serta Konsolidasi stakeholder untuk rencana kolaborasi kedepannya. Banyak masukan strategis dan isu kepemimpinan perempuan dalam Politik Ketua Forum Pemilu Sulteng mengatakan: “Harusnya membangun komitmen dengan ketua partai untuk serius dan konkrit bicara tentang kepemimpinan perempuan dan isu isu gender dalam agenda politik di Pemilu 2024”

Menurutnya, peran partai dalam mendorong kepemimpinan perempuan sangat krusial.

“Tantangan dari kualitas perempuan itu sendiri datang dari lingkaran perempuan itu, maka penting untuk ikut menyadarkan publik tentang peran penting dan kepercayaan pada kualitas kepemimpinan perempuan,” tambah Sitti Norma Mardjanu perwakilan perempuan Partai Gerindra Sulteng

Program Perempuan dalam Politik ini bertujuan untuk memperkuat komunitas dan pemangku kepentingan potensial dalam mempromosikan calon pemimpin perempuan dalam politik dengan tujuan jangka panjang untuk meningkatkan jumlah & kualitas partisipasi perempuan di parlemen di Sulawesi Tengah. Dengan langkah strategis akan menyasar Perempuan Bakal Caleg, Kelompok Muda, Masyarakat Media Digital, kelompok akademis melalui sejumlah aktifitas seperti advokasi dialog publik melalui NGOPI (Ngobrol Politik Mahasiswa) di 3 Kampus besar di Sulawesi Tengah, Pelibatan publik melalui langkah stratregi perempuan pemimpin dan Jambore Politik Perempuan Sulteng.

Selain itu program ini akan melakukan kampanye kreatif digital dengan aktifitas Podcast Talkshow, memproduksi Konten Kampanye kreatif Digital serta Kompetisi Konten Digital Media. Sejak tahun 2009 Yayasan Sikola Mombine hadir di Sulawesi Tengah mencetak calon pemimpin Perempuan untuk memperkuat posisi tawar mereka di komunitas mereka dengan memprakarsai sekolah politik perempuan di lebih dari 30 pusat pembelajaran di seluruh Sulawesi Tengah. SM  juga melakukan advokasi untuk akses  partisipasi yang setara, termasuk partisipasi gender, dalam proses demokrasi.

Pada program perempuan dalam politik Sikola Mombine bekerja sama dengan lembaga dunia Women’s Democracy Network (WDN) dan International Republican Intitute (IRI) yang  berbasis di Amerika dan fokus pada pengembangan demokrasi di negara negara berkembang.


Bagikan Artikel ini

Pos terkait