Lakukan Tips Ini Untuk Menjaga Kesehatan Mata

Bagikan Artikel ini
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Pariwaraku.com – Mata adalah salah satu organ indera yang penting bagi manusia. Menjaga kesehatan mata dapat menghindarkan Anda dari risiko penyakit mata hingga hilangnya penglihatan.

Saat ini, gaya hidup manusia modern telah berubah. Aktivitas di luar ruangan makin sedikit dilakukan. Bersamaan dengan itu, muncul kebiasaan baru, yakni beraktivitas di dalam ruangan dengan gadget.

Bacaan Lainnya

Di era saat ini, banyak orang yang tak bisa lepas dari layar ponsel ataupun monitor laptop. Terlalu lama ataupun terlalu sering menatap layar ponsel atau pun monitor, seperti komputer, laptop atau televisi tentu saja bisa menimbulkan dampak bag mata.

Berikut ini adalah berbagai upaya menjaga kesehatan mata agar selalu sehat dan tidak memperparah kemampuan penglihatan seseorang yang sudah mengalami rabun:

Makan Buah Dan Sayur

perbanyak menkonsumsi buah dan juga sayur. Terutama yang banyak mengandung vitamin A serta beta karoten. Buah dan sayur yang bisa kamu konsumsi contahnya ialah wortel. Memang sudah menjadi rahasia umum apabila wortel mampu membuat untuk manjaga kesehatan mata. Hal ini dikarenakan beta karoten yang di miliki oleh worter sangat tinggi. Selain itu, beta karoten juga merupakan antioksidan yang bisa mengurangi resiko degenerasi makula atau penurunan penglihatan pusat saat kamu memandang lurus.

Hindari pemakaian lensa kontak terlalu lama

Ada baiknya jika kamu menghindari pemakaian lensa kontak terlalu lama. Batas wajar pemakaian lensa kontak sendiri ialah 8 jam. Namun apabila merasakan mata kering kamu harus dengan segera meneteskan obat khusus lensa kontak. Pemakaian lensa kontak yang terlalu lama tentu saja sangat berbahaya. Bahkan kerusakan yang disebabkan oleh lensa kontak ini bisa permanen.

Hindari Menggosok Mata Dengan Kasar

Jangan menggosok mata secara kasar dan berlebihan dapat menjaga kesehatan mata Anda. Ketika mata Anda terasa gatal atau kemasukan benda asing, secara otomatis Anda akan menggosoknya atau mengucek-nguceknya. Lakukan hal ini secara hati-hati, jangan terlalu kasar dan berlebihan.

Kurangi penggunaan tetes mata

Memang menggunakan obat tetes mata saat mata merah ataupun iritasi bisa kamu lakukan. Akan tetapi, jika kamu berlebihan dalam menggunakan obat tetes mata, justru akan mengakibatkan kerusakan pada mata kamu. Jadi kurangi pemaiakan obat tetes mata agar tidak ada gangguan pada mata kamu.

loading…

Menggunakan Kaca Mata Sebagai Penangkal Debu

Menggunakan kacamata bukan hanya untuk gaya saja, tapi bermanfaat untuk kesehatan mata dengan menangkal sinar ultraviolet (UV). Sinar UV adalah salah satu penyebab utama pengerasan lensa, katarak dan penurunan penglihatan akibat gangguan di pusat retina.

Penggunaan kacamata dengan lensa gelap bisa menyaring sinar UV hingga 100 persen saat berada di luar ruangan. Jika tidak ada kacamata, bisa juga dengan menggunakan topi untuk mengurangi paparan sinar UV.

Kontrol Gula Darah Dan Kadar Kolestrol

Kontrol gula darah, tekanan darah, dan kadar kolesterol Anda merupakan upaya menjaga kesehatan mata yang dapat Anda lakukan. Menjaga kadar glukosa darah, tekanan darah dan kolesterol Anda rendah dapat membantu menjaga mata dan seluruh tubuh Anda tetap sehat.

Hindari duduk terlalu lama di depan komputer

Cara menjaga kesehatan mata dengan mudah ialah hindari untuk duduk terlalu lama di depan layar. Hal ini bisa mengakibatkan mata cepat lelah. Selain itu, kamu juga harus memperhatikan jarak aman mata dengan layar monitor. Untuk jarak pada layar komputer minimal ialah 30 centimeter, selain itu posisikan layar sedikit kebawah dengan jarah sekitar 61 hingga 71 centimeter.

Hindari melihat cahaya terang secara langsung

Sebaiknya hindari untuk melihat cahaya yang terang secara langsung. Selain itu kamu juga dilarang untuk melihat serta memfokuskan pada sinar matahari, karena jika melihat secara langsung pada sinar matahari akan merusak mata kamu.

Sering mengistirahatkan mata

Bila kamu sedang fokus pada sebuah objek dekat, cobalah untuk memfokuskan pula pada objek yang jauh. Hal ini bisa membantu kamu untuk lebih merilekskan otot-otot tegang pada mata. Kamu hanya perlu duduk dan gunakan aturan 20-20-20. Dimana setiap 20 menit kamu fokus pada benda yang dekat ataupun fokus pada layar, kemudian istirahatkan mata selama 20 detik dengan melihat sesuatu dengan jarak 20 kaki atau sekitar 6 meter.

 

Itulah beberapa Tips dalam menjaga kesehatan mata, lakukan tips tersebut untuk menghindari kerusakan mata. Bila sudah menjalani beberapa cara menjaga kesehatan mata di atas, namun kesehatan mata Anda masih tetap sama atau keadaan semakin memburuk, segera periksakan kondisi mata Anda dengan Dokter, untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

loading…

 

Editor : D’Sun


Bagikan Artikel ini
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Pos terkait