Ketum KONI Sulteng Buka Tournamen Biliar Piala Gubernur Cup I

Bagikan Artikel ini

Pariwaraku.com – Ketum KONI Sulteng M Nizar Rahmatu, membuka secara resmi Open Tournamen Tenn Ball piala Gubernur Cup I, di EN Club, Selasa 7 Desember 2021.

Kejuaraan biliar dengan total hadiah Rp 90 juta itu, diikuti puluhan atlet lokal dari berbagai kabupaten serta 12 pebiliar Nasional yang rata-rata memliki handicap 7. Open Tournamen kali ini akan berlangsung sejak 6 hingga 11 Desember 2021.

Ketum KONI Sulteng M Nizar Rahmatu dalam sambutannya, sangat mengapresiasi kejuaraan biliar yang digagas Komunitas Biliar EN Club ini. Bahkan menurutnya, event-event seperti ini harus sering digelar, sehingga bisa melahirkan atlet-atlet tangguh dan berprestasi.

Kita telah memiliki Ronces dan Ardi Wiranata yang suksesa meraih medali Perak di Bumi Cendrawasih Papua saat PON XX lalu. Kedepan harus lahir, Ardi dan Ronces-Ronces baru yang kelak akan mengharumkan nama Sulteng diberbagai kejuaraan biliar” kata Nizar yang juga Ketua Pengprov POBSI Sulteng.

Cabor bola sodok kata Nizar, salah satu dari 10 Cabor yang masuk unggulan program besar Gubernur Rusdy Mastura, Sulteng Emas menuju PON XXI Aceh – Sumut 2024, sehingga dengan adanya kejuaraan biliar seperti ini, selain mencari bibit juga akan mengasah kemampuan juga akan menjejal kekuatan lawan.

Nizar mengakui sebagai Ketua Pengprov POBSI Sulteng sedang mengupayakan Sulteng sebagai tuan rumah Pra PON XXI dengan melibatkan Karaboa salah satu Perusahaan Internasional yang bergerak dibidang distribusi peralatan olahraga.

” Kami sudah menjalin komunikasi. Dua daerah direncanakan akan menggelar event nasional. Untuk wilayah Barat di Medan sementara wilayah Timur di Sulteng,,” paparnya.

KONI dan Pengprov POBSI kedepan juga akan membentuk tim sport inteligen, yang kerja-kerjanya selain memantau juga mengintai kekuatan lawan. Tidak hanya itu, pihaknya juga akan melakukan program training center (TC) dan try out ke Philipina selama enam bulan, sehingga bisa menambah kemampuan serta kematangan atlet-atlet Sulteng diajang PON XXI mendatang.

Olehnya Nizar menghimbau kepada seluruh atlet yang akan berlaga, untuk tetap menjunjung sportivitas dalam meraih prestasi. ” Hindari yang namanya narkoba, karena ini tidak hanya membunuh namun akan menenggelamkan karir dan prestasimu,” tandasnya.

KONI Sulteng juga saat ini sedang gencar-gencanya membangun komunikasi dengan KONI-KONI di seluruh Indonesia guna mencari dukungan kepada Sulteng-Gorontalo (Sulteng-GO) sebagai calon tuan Pekan Olahtaga Nasional (PON) XXII Tahun 2028 mendatang.

“Jika dalam prosess bidding atau lelang bulan Maret- April 2022, kemudian Sulteng-GO menang, maka saya akan upayakan cabor biliar digelar di Kota.Palu,” papar Nizar yang disambut riuh para atlet.

Sementara Sekretaris Pengprov POBSI Sulteng Husin Alwi lebih pada memberikan suport dan motivasi kepada atlet-atlet Sulteng, guna menuju desain besar olahraga Sulteng Emas 2024.

“Tournamen ini untuk mencari bibit-bibit atlet yang nantinya dapat meneruskan perjuangan atlet-atlet sebelumnya,” kata Husin yang juga Sekum KONI Sulteng.

Olehnya Ia juga berharap kejuaraan biliar kali ini dapat berjalan lancar dan sukses, sehingga bisa menghasilkan atlet-atlet yang bertalenta dan berprestasi.

Senada dengan Husin Alwi, Ketua DPRD Kota Palu Iksan Kalbi juga memberikan semangat dan motivasi kepada para pebiliar yang akan berlaga.

“Ini ajang dan momentum untuk menunjukan skil dan kemampuan, karena kejuaraan ini selain mencari bibit-bibit atlet juga meraih prestasi,” pungkasnya.

Penulis: Agus Gerbek


Bagikan Artikel ini

Pos terkait