KETUA TP PKK KABUPATEN PARIMO RESMI MEMBUKA PELATIHAN PENGELOLAAN SAGU BERBASIS MODERN

Bagikan Artikel ini

Pariwaraku.com – Untuk menunjang pelaksanaan Program kegiatan Nasional yaitu Hari Ikan Nasional (Harkanas) pada bulan oktober tahun 2022, Dinas Koperasi dan UKM gelar pelatihan Pengelolaan Sagu kepada TP- PKK Kecamatan.

Ketua TP – PKK Kabupaten Parigi Moutong (Parimo) Dra.Hj.Noorwachida Prihatini S.Tombolotu dengan resmi membuka kegiatan pelatihan sekaligus memberikan pembekalan kepada Peserta TP – PKK dibeberapa kecamatan terhadap pengelolaan bahan Sagu untuk menjadi komoditi Unggulan Khas makanan Lokal Parimo, kegiatan tersebut berlangsung diaula Rapat Hotel Ludya kelurahan Kampal Jumat (9/9/2022).

Mewakil Bupati dan Wakil Bupati Asisten II Bidang Perekonomian dan pembangunan Ir.Lewis juga berikan sambutan Pada kegiatan Pelatihan Pengelolaan Sagu yang digelar oleh Dinas Koperasi dan UKM bersama Tim TP – PKK Kabupaten.

Laporan ketua panitia pelaksana Wulandari jugs selaku Kabid Pemberdayaan Usaha Micro Dinas Koperasi dan UKM menyampaikan Sejumlah 25 Peserta perwakilan TP – PKK kecamatan mengikuti Pelatihan Pengolahan Sagu selama dua hari untuk diterampilkan ditengah masyarakat sebagai makanan khas lokal kabupaten juga diProduksi sebagai kebutuhan makanan sehari hari dikeluarga dan Kegiatan ini juga dimaksud untuk peningkatan kemajuan usaha micro Pada Dinas Koperasi dan UKM.”Ujar Wulandari.

Sambutan Kepala Dinas Koperasi dan UKM Parimo Sofiana, SE,M.AP mengatakan diantaranya 25 peserta TP – PKK Kecamatan Torue, Parigi Selatan, Parigi, Parigi tengah, Tinombo Selatan dan kecamatan Bolano Lambunu yang mengikuti kegiatan Pelatihan Pengelolaan Bahan Sagu dengan tujuan untuk mengunggulkan Komoditi bahan sagu Kepada Para pelaku UKM dan juga untuk penualan serta pemasarannya.

Sofiana berharap kepada TP – PKK sebagai mitra pemerintah dapat membantu pemasaran produk olahan sagu berbasis modern ini bisa berkualitas sehingga membantu para pengusaha kecil menengah untuk menambah penghasilanya.

Sofiana Berharap Kepada Peserta yang mengikuti pelatihan benar benar serius dan dapat memberi kontribusi dengan memberi peluang kepada para pelaku UKM.
ucap sofiana menambahkan tujuan dilaksanakanya pelatihan ini juga untuk meningkatkan pemberdayaan serta pemulihan ekonomi terhadap pelaku UKM didaerah Kabupaten Parigi moutong.

Kesempatan tersebut juga disampaikan oleh Asisten II Bidang Perekonomian dan pembangunan Ir.Lewis dalam sambutanya berharap kepada Dinas Kominfo dapat membantu mempromosikan dengan memanfaatkan media cetak dan elektronik terkait pemasaran olahan bahan sagu yang sudah dikemas secara modern, begitupun juga diharapkan Kepada Dinas Pertanian juga dapat membantu terhadap stok kebutuhan dari bahan sagu ini sehingga pembuatan oleh para pelaku UKM dikecamatan maupun desa dapat terus berkelanjutan untuk melakukan pembuatan olahan sagu sebagai kuliner khas Lokal.

Selaku Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Parigi Moutong (Parimo) Dra.Hj.Noorwachida Prihatini S.Tombolotu dalam sambutanya menghimbau kepada peserta pelatihan harus betul betul mengikuti materi dengan baik dan ilmu yang didapatkan dari pelatihan olahan sagu ini bisa langsung diterapkan dan diimplementasikan ditengah tengah masyarakat dan Berharap hasil dari karya peserta terhadap prlatihan olahan sagu ini juga bisa dapat berkelanjutan.

Selaku ketua Dekranasda kabupaten parimo Noorwachida juga berharap kepada peserta dapat memberi dampak terhadap pengembangan para pelaku UKM dikecamatan kecamatan dan desa desa, dan dengan waktu yang singkat hanya berjalan selama dua hari dari pelatihan ini Noorwachida juga sangat mengharapkan para peserta terus belajar dalam hasil karyanya.


Bagikan Artikel ini

Pos terkait