Kenali Hipospadia, Kelainan Yang Dialami Aprilia Manganang

Aprilia Manganang saat di tim Volley ball putri (foto : instagram/aprilamanganang_)
Bagikan Artikel ini

Pariwaraku.com – Baru-baru ini kabar mengejutkan datang dari prajurit TNI AD  Aprilia Manganang. Yaitu Kepala Staf Agkatan Darat (KASAD) Jenderal Andika Perkasa yang menjelaskan kondisi terkini Sersan Dua (serda) Aprilia manganang yang merupakan salah seorang prajuritnya.

Diketahui Aprilia Manganang merupakan mantan atlet Volley Ball Putri yang ikut mewakili Indonesia dalam ajang sea games 2013, 2015, dan 2017.

Bacaan Lainnya

Secara medis, Aprilia Manganang terlahir sebagai pria, namun Aprilia mengalami kelainan yang disebut hipospadia.

“Sersan Manganang ini bukan transgender, bukan juga interseks. Tidak masuk dalam kategori itu semua. Saya tahu definisinya dan tim dokter pun tahu definisinya. Karena memang kelainan yang dialami adalah hipospadia jadi selalu kembalikan ke situ. Kata jendeal andika dikutip dari laman detik.com.

Lantas apa itu kelainan hipospadia? Berikut penjelasannya.

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) AS yang dilansir dari Kompas.com, hipospadia adalah kelainan bawaan dimana lubang pembukaan uretra tidak berada di ujung penis.

Uretra adalah saluran kemih untuk mengalirkan urine dari kandung kemih keluar tubuh. Pada pengidap hipospadia, uretra terbentuk secara tidak normal sejak dalam kandungan yaitu mulai minggu kedelapan sampai ke-14 kehamilan.

Jenis hipospadia berdasarkan letak lubang bukaan uretra terdapat tiga jenis, diantaranya :

  • Subkoronal : pembukaan uretra di dekat kepala penis
  • Poros tengah : pembukaan uretra terletak di sepanjang batang penis
  • Penoskrotal : pembukaan uretra terletak dipertemuan penis dan skrotum

Kelainan penis ini ada yang sifatnya ringan sampai berat. Terkadang kelainan bawaan ini membuat penis sedikit melengkung ke bawah. Ada juga yang tampilan penisnya jadi tertutup kulup.

Hipospadia biasanya diketahui atau didiagnosis selama pemeriksaan fisik setelah bayi lahir.

 


Bagikan Artikel ini

Pos terkait