Kasman Lassa : Peran Penting Pajak dalam upaya pembangunan Daerah yang maju dan berdaya saing.

Bupati Dongga Drs. Kasman Lassa, SH. MH saat membuka secara resmi Sosialisasi Sistim Online Pajak Daerah Sekaligus Pelantikan Pengurus Aspeta Kabupaten Donggala, di Hotel Swiss Bell Palu, Senin (25/11/2019) (FOTO : Widya Kastrena/RMD)
Bagikan Artikel ini
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Pariwaraku.Com – Palu, Bupati Donggala Drs. Kasman Lassa, SH. MH, dalam mewujudkan pembangunan daerah yang bermutu dan berdaya saing butuh keterlibatan seluruh masyarakat untuk berpikir terbuka demi meningkatkan kesadaran terhadap peran penting pajak terhadap pembiayaan pembangunan daerah Kabupaten Donggala itu sendiri.

Hal ini disampaikan Kasman lassa saat membuka secara resmi Sosialisasi Sistim Online Pajak Daerah Sekaligus Pelantikan Pengurus Aspeta Kabupaten Donggala, di Hotel Swiss Bell Palu, Senin (25/11/2019).

Bacaan Lainnya

Dalam sambutannya bupati mengatakan atas nama pemerintah daerah Kabupaten Donggala sangat menyambut baik dan mengapresiasi kegiatan ini, serta menyampaikan ucapan terima kasih kepada kepala badan pendapatan kab. Donggala yang telah menginisiasi penyelenggaraan kegiatan tersebut

Dimana kegiatan tersebut dinilai sangat penting artinya untuk memberikan pemahaman dan tujuan yang sama terhadap mekanisme pembayaran pajak retribusi daerah melalui sistim online di Kabupaten Donggala.

Lanjut disampaikannya sebagaimana kita ketahui bersama bahwa Kabupaten Donggala saat ini sedang giat-giatnya melakukan prosespembangunan disegala sektor guna terwujudnya Kabupaten Donggala yang maju dan berdaya saing dengan Kabupaten lainnya yang ada di Propinsi Sulawesi Tengah, dalam tujuan tersebut tentunya harus ditunjang dengan pembiayaan yang memadai yang tidak lain sumber utamanya adalah dari pendapatan asli daerah.

“Kabupaten Donggala yang maju dan berdaya saing hanya dapat terwujud dengan satu cara yaitu meningkatkan kapasitas fiskal daerah atau kemampuan keuangan derah”. Ujarnya

Olehnya itu, bupati mengajak kita sekalian, seluruh maayarakat wajib pajak untuk membantu terwujudnya visi bermutu dan berdaya saing dengan sama sama meningkatkan kemampuan keuangan daerah.

Karena hal ini telah di atur dalam Undang-undang No. 28 tahun 2009 tentang pajak daerah dan retribusi derah pada pasal 1 disebutkan bahwa ” Pajak daerah adalah kontribusi wajib kepada daerah yang terutang oleh orang pribadi atau badan yang bersifat memaksa berdasarkan undang-undang, dengan tidak mendaptkan imbalan secara langsung dan digunakan untuk keperluan daerah bagi sebesar-besarnya kemakmuran rakyat”.

Sementara Kepala Badan Pendapatan Kabupaten Donggala Muhammad Fahri S. Sos, M. SI dalam laporannya menyampaikan setelah mengikuti kegiatan sosialisasi tersebut diharapkan kepada masing-masing peserta adalah terselesainya sistim pajak online di Kabupaten Donggala dan diharapkan pula dapat terwujudnya sistim pembayaran pajak dan retribusi daerah secara baik dan benar di Kabupaten Donggala.

Adapun peserta sosialisasi yaitu terdiri atas pengusaha galian C 26 orang, pengusaha rumah makan 42 orang, pengusaha hotel/penginapan 20 orang, pengusaha reklame 12 orang, pengusaha sarang walet 32 orang dan SKPD penerima retribusi di Kabupaten Donggala 8 orang sehingga jumlah keseluruhan peserta menjadi 134 orang. RMD

HUMPRO PEMKAB Donggala

loading…

Bagikan Artikel ini
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Pos terkait