Gemuruh Gunung Raung Suaranya Masih Terdengar

Bagikan Artikel ini

pariwaraku.com – Sub Koordinator Mitigasi Gunung Api Wilayah Barat pada Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), Nia Haerani mengatakan, suara gemuruh terjadi karena Gunung Raung sedang mengalami erupsi.

“Ini saya posisi di Pos Pemantauan Gunung Raung sekitar 14 km dari gunungnya. Itu memang suara dentumannya jelas. Di jarak 14 kilometer ya. Kemudian ada laporan dari penduduk bahwa terdengar sampai di Kalipuro di Banyuwangi, itu jaraknya sekitar 20 kilometer,” kata Nia Rabu (3/2/2021).

Bacaan Lainnya

Nia mengatakan, suara gemuruh dari Gunung Raung masih terus terdengar hingga pagi hari. Suara itu terdengar lebih jelas ketika malam hari.

“Sampai pagi tadi masih terdengar. Kalau malam hari lebih terdengar jelas ya suaranya,” katanya.

Suara tersebut terdengar dari Gunung Raung pada periode pengamatan Rabu (3/2/2021) pukul 00.00-06.00 WIB.

Nia mengatakan, suara gemuruh berasal dari aktivitas getaran gelombang yang dihasilkan saat magma (batuan cair pijar dan gas) keluar dari lubang kepundan gunung api ke permukaan.

Menurut dia, itu merupakan fenomena yang biasa terjadi pada gunung api.

Ia juga mengatakan bahwa pada periode pengamatan Rabu pukul 00.00-06.00 WIB, cahaya api terlihat di Gunung Raung.

“Untuk aktivitas kegempaan, pada Rabu pukul 00.00-06.00 WIB terekam tremor menerus dengan amplitudo 5-32 mm,” katanya, dikutip dari Antara, Rabu.

Soal suara dentuman misterius yang terdengar di Malang yang dikaitkan dengan suara dari Gunung Raung, Nia mengaku tidak tahu pasti.

Sebab, antara Gunung Raung dan Malang terpaut jarak yang jauh.

Gunung Raung berada di antara Banyuwangi, Bondowoso, dan Jember. Sedangkan Malang lebih dekat dengan Gunung Semeru.

Adapun aktivitas Gunung Semeru intensitasnya rendah dan suara dipastikan tidak datang dari Semeru.

“Untuk suara di Malang ini saya tidak bisa memastikan dari mana. Yang jelas dari Semeru bukan. Apakah dari Raung atau tidak, saya tidak memastikan,” katanya.


Bagikan Artikel ini

Pos terkait