Duka Cita Indonesia, Rachmawati Sukarno Tutup Usia

Bagikan Artikel ini

Pariwaraku.com – Kabar duka kembali datang dari dunia politik Indonesia. Rachmawati Sukarno atau Diah Permana Rachmawati Soekarno dikabarkan meninggal dunia pada Sabtu (3/7). Hal tersebut diumumkan Sufmi Dasco Ahmad Wakil Ketua Umum DPP Gerindra melalui akun media sosialnya.

“Berita duka. Innalilahi wa innaillaihi rojiun. Pada 3 Juli 2021, sekitar pukul 06.45 WIB, telah wafat Ibu Rachmawati Soekarnoputri di RSPAD,” cuit Sufmi Dasco Ahmad.

Putri Proklamator Sukarno itu meninggal dunia hari ini. Semasa hidup, Rachmawati pernah membuat kejutan kala gugatannya terhadap KPU menang di Mahkamah Agung (MA).

Gugatan itu diajukan Rachmawati pada 2019. Rachmawati saat itu mengajukan judicial review ke MA terkait Pasal 3 ayat 7 PKPU Nomor 5/2019 tentang Penetapan Pasangan Calon Terpilih, Penetapan Perolehan Kursi, dan Penetapan Calon Terpilih dalam Pemilu.

Gugatan diajukan karena Rachmawati menganggap pasal tersebut cacat hukum. Gugatan tersebut diajukan pada Senin (13/5/2019) dan terdaftar dengan nomor 44/Djmt.5/hum/5/2019. Rachmawati menganggap Pasal 3 ayat 7 PKPU Nomor 5/2019 itu bertentangan dengan UU Pemilu.


Bagikan Artikel ini

Pos terkait