Dua Kabupaten Baru Selenggarakan Porkab, Nizar Rahmatu Ajak Masyarakat Parimo Bangun Olahraga

Ketua umum KONI Sulteng M Nizar Rahmatu menghadiri langsung pembukaan Pekan Olahraga Kabupaten (Porkab) ke-5 tahun 2021
Bagikan Artikel ini

PALU, Pariwaraku.com – Ketua umum KONI Sulteng M Nizar Rahmatu menghadiri langsung pembukaan Pekan Olahraga Kabupaten (Porkab) ke-5 tahun 2021 di Lapangan Harimau desa Baliara Parigi Barat, Minggu sore (5/12).

Dalam sambutannya, Nizar mengatakan olahraga adalah kebanggan dan harga diri yang tidak bisa diukur oleh apapun. Karena itu dalam membangun olahraga diperlukan pera semua pihak baik itu swasta maupun pemangku kepentingan lainnya.

Bacaan Lainnya

“Anomali gunung sekitar sini penuh emas namun kontribusi untuk olahraga tidak ada. Saya berharap khususnya swasta mari bersama sama membangun olahraga di Parigi Moutong,” kata Nizar.

Gubernur telah meluncurkan Program Sulteng Emas. Sulteng Emas ini merupakan program Gubernur Sulteng Rusdy Mastura dan KONI Sulteng dengan target PON 2024 Provinsi Sulteng berhasil menembus papan tengah dengan perolehan medali minimal 10 medali emas. “Kita tidak lagi berada di papan bawah atau juru kunci. Alhamdulillah pada PON Papua kita berhasil memperoleh 12 medali emas dan terlepas dari juru kunci,” kata Nizar.

Di tengah padatnya agenda KONI Sulteng di Palu, putra daerah Parigi Moutong datang langsung menghadiri pembukaan Porkab karena ingin olahraga di tanah Parigi Moutong berkembang.

Porkab merupakan bagian dari pembinaan prestasi olahraga di Parimo. Porkab juga merupakan seleksi atlet di daerah menuju Pekan Olahraga Provinsi (Porprov). Nizar mengapresiasi kepada Bupati Parigi Motung Bapak Olahraga Parimo Samsurizal Tombolotutu Ats kepeduliannya kepada olahraga di Parimo hingga Porkab Parimo sukses diselenggarakan. “Saat ini baru dua kabupaten yang telah melaksanakan Porkab yaitu Kabupaten Parigi Moutong dan Kabupaten Banggai. Saya berharap kabupaten kabupaten lain segera melaksanakan Porkab karena Porprov 2022 tetap dilaksanakan,” kata Nizar.

Nizar juga mengatakan pada Porkab yang dihadiri Wakil Bupati Badrun Nggai, Ketua KONI Parimo Faizan Badja, bahwa tangguh jawab Pemda menganggarkan Iven olahraga di daerah sebagaimana amanat UU No 3 Tahun 2005 tentang Sistem Keolahragaan Nasional. “Saya benar benar bangga khususnya kepada Bupati Parigi Moutong dan Bupati Banggai tanggap terhadap pembinaan olahraga di daerah atas terselenggaranya Porkab menuju Porprov 2022,” kata Nizar Rahmatu.

Nizar mengatakan, Porprov 2022 Provinsi Sulteng tetap dilaksanakan 2022 meskipun saat ini belum bisa dipastikan lokasi pelaksanaan Porprov. “Karena sesuai SK Gubernur sebelumnya pemenang bidding ialah di Buol, namun saat ini SK dari Gubernur yang baru masih berproses kita menunggu,” kata Nizar.

Ketum KONI Sulteng ini berpesan kepada panitia dan atlet agar menjunjung tinggi sportivitas. “Di KONI ini sekarang tidak ada lagi kedekatan keluarga bisa langsung masuk. Semuanya harus melalui seleksi. Meskipun dia berada di atas gunung tapi bagus skillnya, ambil,” kata Nizar.

Porkab ke-5 tahun 2021 Parigi Moutong dibuka Wakil Bupati Parigi Moutong. Hadir juga anggota Komisi IV DPRD Provinsi Sulteng Ibrahim Hafid.

Ketua KONI Parimo Faisan Badja alias Lelo mengatakan Porkab Parimo tahun ini berlangsung sepekan mulai 5 Desember dan berakhir 12 Desember 2021. Porkab diadakan tiga tempat yaitu di Parigi, Ampibabo dan Tinombo. Pembukaan Porkab di Parigi dan penutupan rencananya di Kecamatan Tinombo.

Dalam sambutannya, Lelo mengatakan
Target KONI Parimo melalui Porkab ini atlet dari Parigi bisa mewakili Sulteng di ajang PON Aceh dan Sumatera Utara. “Insya Allah target Sulteng Emas tercapai dan semoga ada atlet dari Parigi Moutong berhasil mempersembahkan emas,” kata Lelo.

23 cabang olahraga dipertandingkan pada Iven Porkab Parigi Moutong antara lain Biliar, berkuda, catur, dayung, balap motor, gateball, tenis meja, sepak bola, futsal, pencak silat, bola voli, panjat tebing, atletik, bola bsket, tinju, sepak takraw, bulu tangkis, karate, panahan, tenis dan menembak.

Di lokasi pembukaan Porkab dibuka gerai vaksin bagi masyarakat dan pelajar. Setiap masyarakat yang divaksin mendapat bantuan beras 5kg. Program ini merupakan inisiasi dari Ketua KONI Kabupaten Parimo Faisan Badja agar masyarakat antusias mengikuti program vaksinasi.


Bagikan Artikel ini

Pos terkait