Dr Tonang: Dari Segi Teknis Buol Siap Tuan Rumah PORPROV 2022

Bagikan Artikel ini

Pariwaraku.com – Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buol, Dr Tonang Malongi mengungkapkan, sebenarnya dari segi tehnis pelaksanaan, pihaknya telah siap sebagai tuan rumah dan menyukseskan ajang bergengsi Pekan Olahraga Provinsi (PORPROV) Tahun 2022. “Termasuk kesiapan venue yang telah mencapai 70 sampai 80 persen,” kata Kadispora Buol Dr Tonang kepada wartawan Rabu 17 Oktober 2021.

Namun tambahnya semua berpulang kepada pihak eksekutif. Karena kembali lagi pada persoalan pendanaan penyelenggaraan karena itu sentral dan kunci sukses pelaksanaan PORPROV 2022.

Bacaan Lainnya

Selamat Hari Sumpah Pemuda, 28 Oktober 2021

Penetapan Buol sebagai tuan rumah PORPROV ini, dalam bidding bulan Maret 2020 lalu. Dimana ketika itu terjadi pertaruhan antara Kabupaten Buol dan Tojo Unauna, namun dimenangkan oleh Buol.

Tidak hanya itu, Pemerintah Provinsi Sulteng Tahun 2021 telah mengucurkan dana bantuan Rp1 miliar untuk pembenahan venue. Alhamdulillah, dengan bantun tersebut, beberapa venue di Kabupaten Buol bisa dibenahi.

“Namun dengan melihat kondisi kekinian, sangat tidak memungkinkan jadi tuan rumah, karena dana APBD Buol lebih difokuskan pada penanganan Covid-19,” kata Tonang.

Padahal kalau mau jujur Dispora telah maksimal mengupayakan dan memperjuangkan. Bahkan jauh-jauh hari sebelumnya, dirinya selaku Kadispora telah melakukan konsultasi kepada Menteri Pemuda dan Olahraga, Zainudin Amali di Jakarta.

“Jika kemudian sebagai tuan rumah ini gagal, yah murni karena terkendala pendanaan penyelengagaraan,” cetusnya.

Meski Buol batal sebagai tuan rumah PORPROV kata Tonang, selaku Dinas terkait akan tetap mempersiapkan sarana dan prasarana termasuk pembinaan terhadap atlet karena itu telah diamanatkan oleh Undang-undang. Bahkan dalam waktu dekat ini, pihaknya akan menyelenggarakan Liga Persbul yang dibagi dalam empat rayon dengan melibatkan club-club se Kabupaten Buol.

Penulis : Agus Manggona


Bagikan Artikel ini

Pos terkait