Donggala Ingin Kembangkan Komoditi Jagung Untuk Tingkatkan PAD

Dr. Rustam Efendi, S. Pd., SH., M. Ap,  dengan resmi membuka pelaksanaan rapat tindak lanjut rencana aksi pengembangan jagung Kabupaten Donggala, di Aula Kasiromu Kantor Bupati Donggala, Senin (14/11/21)
Bagikan Artikel ini

Pariwaraku.com – Dalam meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Donggala Sekretaris Daerah Kabupaten Donggala, Dr. Rustam Efendi, S. Pd., SH., M. Ap,  dengan resmi membuka pelaksanaan rapat tindak lanjut rencana aksi pengembangan jagung Kabupaten Donggala, di Aula Kasiromu Kantor Bupati Donggala, Senin (14/11/21)

Rapat itu juga dilaksanakan, dalam rangka pembahasan rencana aksi tindak lanjut program peningkatan ekonomi masyarakat wilayah kawasan dua Kabupaten Donggala melalui program terpadu kerjasama Pemda Donggala, Kadin Donggala, PT. Eazt Indonesia dan PT. Syngenta Indonesia, dibidang pengembangan komoditi jagung.

Bacaan Lainnya

Selamat Hari Sumpah Pemuda, 28 Oktober 2021

Sekretaris Daerah Kabupaten Donggala, Dr. Rustam Efendi, S. Pd., SH., M. Ap, mengatakan kondisi daerah saat ini jalan ditempat, karena Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tidak cukup membiayai untuk kepentingan daerah, sehingga jalan satu-satunya yang dioptimalkan adalah harus melalui peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Dimana potensi yang dimiliki oleh Donggala, sangat luar biasa diantaranya perikanan dan pertanian, sehingga Sekda berharap yang membiayai pembangun ke depan lebih banyak di PAD.

“Kita maksimalkan dulu kesepahaman ditingkat kades kemudian eksen kepada Bank karena Bank adalah modal ” ujarnya.

Selain itu Sekda juga berharap, agar pembangunan berkelanjutan daerah dengan konsep kawasan, Insya Allah ke depan memandirikan daerah dan tidak terlalu tergantung kepada APBN.

Dimana potensi-potensi yang ada harus dijadikan uang karena potensi tersebut sangat luar biasa.

Ditambahkannya, ada tiga syarat untuk kesuksesan suatu usaha yaitu sumber daya, modal usaha dan pasar.

“Itu yang kita butuhkan yang dibantu oleh Kadin sebagai lembaga ekonomi, yang tugasnya memberikan peluang untuk meningkatkan ekonomi negara dan ekonomi masyarakat,” Jelas Sekda.

Namun meskipun perencanaannya bagus, dukungan Pemda kuat dan Kadin juga proaktif, tetapi ketika tidak ada dukungan camat dan kepala desa minimal memfasilitasi masyarakat, dalam menyediakan lahan yang masyarakat dipastikan mau bekerja dan ada dinas pertanian yang melakukan pendampingan terhadap petani, itu juga tidak akan sukses.

Olehnya Sekda berharap untuk ke depan sumber daya yang ada, petani dan lahan, pemodal serta pasar sekarang dikoordinasikan tata kelola untuk dibangun manajemennya.
“Intinya Pemda memberikan dukungan yang luar biasa karena ini untuk kepentingan kita bersama, mudah-mudahan dengan pertemuan ini Kabupaten Donggala dan masyarakatnya bisa berubah,” tutup Sekda.

Turut hadir dalam rapat tersebut Ketua Kadin Kabupaten Donggala, beberapa Pimpinan OPD terkait, Kepala Cabang Bank Mandiri Donggala, Kepala Cabang Bank Sulteng Donggala dan Camat Sindue, Tombusabora, Tobata, Labuan, Sirenja serta Kepala Desa.

Sumber : Prokopim_Donggala


Bagikan Artikel ini

Pos terkait