Di karenakan cuaca buruk, Sejumlah Pesawat Terbang Gagal Mendarat di Makassar

Pesawat Garuda Indonesia Tujuan Makassar gagal Mendarat di Karenakan cuaca buruk (sumber fhoto: Tribun Timur.com)
Bagikan Artikel ini
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Pariwaraku.com – Pesawat udara dengan nomor penerbangan GA-608 dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Jakarta, di Cengkareng, Tangerang, Provinsi Banten tujuan Bandara Internasional Sultan Hasanuddin, Makassar di Sulawesi Selatan ( Sulsel ), Minggu atau Ahad (12/1/2020), dialihkan pendaratannya.

Pengalihan pendaratan (diverted) dilakukan karena cuaca buruk di sekitar Makassar Sehingga dirasa tak memungkinkan untuk landing (mendarat) di Makassar.

Bacaan Lainnya

Pengalihan pendaratan dilakukan di Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan, Balikpapan, Kalimantan Timur ( Kaltim ), salah satu bandara besar di Indonesia yang dekat dengan Makassar.

Pesawat tipe Boeing 737-800 yang digunakan untuk penerbangan Garuda Indonesia GA-608 terbang (take-off) dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta pada pukul 9:57 WIB dan dijadwalkan mendarat di Makassar pada pukul 13:30 Wita.

Namun, saat jelang mendarat, di udara selatan Takalar, pesawat berputar 2 kali, lalu terbang ke Balikpapan.

Pesawat Garuda Indonesia gagal mendarat di makasar di akibatkan cuaca buruk

Pesawat bernomor registrasi PK-GMF itu pun mendarat di Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan.

Saat cuaca mulai membaik, pesawat pun kembali terbang ke Makassar dan berhasil mendarat Bandara Internasional Sultan Hasanuddin pada pukul 3:53 Wita.

Selanjutnya, pesawat dijadwalkan terbang ke Bandara Mutiara SIS Al-Jufrie, Palu, Sulawesi Tengah.

Akibat cuaca buruk, tak hanya penerbangan Garuda Indonesia dialihkan ke Balikapapan.

Sejumlah penerbangan Lion Air tujuan Makassar dan Wings Air dari Makassar juga mengalami gangguan.

Pesawat udara Lion Air dengan nomor penerbangan JT-746 dari Bandara Internasional Ngurah Rai, Bali harus berputar-putar di udara selama lebih dari 1 jam sebelum landing di Makassar.

Seharusnya, pesawat tersebut landing pada pukul 12:30 Wita, namun hingga pada pukul 13:50 Wita, pesawat Boeing 737-900 tersebut masih terus berputar-putar di udara lebih dari 4 kali.

loading…

Selengkapnya, lihat gambar di bawah ini.

(sumber fhoto: tribun timur.com)

Masih dari Lion Group, pesawat udara dari maskapai Wing Air dengan nomor penerbangan IW-1316 dari Bandara Internasional Sultan Hasanuddin tujuan Bandar Udara H Aroeppala, Kabupaten Kepulauan Selayar, Sulsel harus kembali ke Makassar atau Return to Base (RTB) karena gagal mendarat di Selayar.

Tampak data dari Flightradar24.com, pesawat udara ATR 72-500 itu putar haluan di atas laut Selayar dan harus berputar-putar di atau wilayah Makassar dan Gowa sebelum mendarat di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin pada pukul 11:13 Wita.

Selengkapnya, lihat gambar di bawah ini.

(sumber fhoto: tribun timur.com)

Pesawat udara Lion Air dengan nomor penerbangan JT-739 dari Bandar Udara Internasional Juwata, Tarakan, Kalimantan Utara juga harus berputar-putar di udara dan hingga pukul 13:30 Wita, belum mendarat sesuai jadwal.

Begitu pula dengan dengan pesawat udara Lion Air JT-882 dari Bandara Internasional Kertajati, Majalengka, Jawa Barat, dan Wings Air IW-1333 dari Bandara Morowali, Sulawesi Tengah juga harus berputar-putar di udara.

Pesawat udara Garuda Indonesia GA-659 dari Bandara Internasional Sentani, Jayapura, Papua dan GA-661 dari Bandara Tampa Padang, Mamuju, Sulawesi Barat ( Sulbar ) juga harus putar-putar di udara.

ATS Operational Coordinator AirNav Indonesia Cabang Utama Makassar Air Traffic Service Center (MATSC), Yuyun Nugraha mengatakan, meski cuaca buruk, namun AirNav Indonesia memastikan penerbangan masih dapat terkendali dengan baik.

“Insya Allah aman terkendali. Mereka holding dikarenakan angin kencang dan visibility rendah,” kata Yuyun


Bagikan Artikel ini
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Pos terkait