Di Hadapan Ratusan Aktivis Mahasiswa, Ini Pesan Husin Alwi Soal Olahraga dan Pembangunan Daerah Sulawesi Tengah

Foto: Husin Alwi, S.T Sekretaris Umum KONI Sulteng memberikan sambutan di acara penutupan Dies Natalis ke-8 tahun IPMBL Palu
Bagikan Artikel ini

Pariwaraku.com – Dies Natalis ke-8 tahun Ikatan Pemuda dan Mahasiswa Banggai Laut (IPMBL-PALU) resmi ditutup oleh Husin Alwi Sekretaris Umum KONI Provinsi Sulawesi Tengah yang juga sekaligus sebagai Tenaga Ahli Gubernur Sulawesi Tengah bertempat di gedung BLK-PP Kota Palu, Rabu (25/5).

Dalam kesempatan itu, turut hadir Dewan Penasehat Organisasi Fadli Dg Patompo dan beberapa ketua Paguyuban Mahasiswa yang berasal dari seluruh wilayah Kabupaten se Sulawesi Tengah.

Bacaan Lainnya

Dalam sambutan pertama yang dibawakan oleh Ketua Umum IPMBL Palu, mengucapkan banyak terima kasih kepada KONI Provinsi Sulawesi Tengah khususnya Ketua Umum M. Nizar Rahmatu yang telah membantu salah satu rangkaian acara bergengsi yakni Turnamen Futsal Cup IPMBL Palu.

“Kami ucapkan banyak-banyak terima kasih kepada pihak KONI Provinsi Sulawesi Tengah khususnya orang tua kami, kakak kami bapak Nizar Rahmatu dan bapak Husin Alwi serta bapak Andi Nur Lamakarate yang telah memberikan dukungan terhadap salah satu rangkaian kegiatan kami yang beririsan langsung dengan olahraga,” ucap Hadam Matayomo selaku Ketua Umum IPMBL Palu.

Lanjut Hadam, IPMBL Palu adalah bagian dari kelompok masyarakat Sulteng yang akan terus mendukung penuh segala program yang dicanangkan oleh KONI Provinsi Sulawesi Tengah.

Selain itu, Fadli Dg Patompo juga dalam sambutannya menyampaikan bahwa IPMBL Palu harus menjadi garda terdepan dalam mengawal pembangunan Kabupaten Banggai Laut kini dan nanti.

“Melalui wadah ini, kita harus saling mendorong dan mendukung penuh setiap kader yang memiliki potensi baik sebagai pemimpin maupun sebagai akademisi dan tenaga teknis ke depan. Wadah ini adalah tempat kita memperoleh pengetahuan yang tidak didapatkan di dalam kampus,” ujarnya.

Fadli menyebut bahwa IPMBL Palu sejak dari kepemimpinan pertama Zubair Samatan hingga saat ini masih tetap menampakkan eksistensinya di hadapan seluruh paguyuban se Sulawesi Tengah. Menurutnya, hal itu perlu dipertahankan dan ditingkatkan.

Pada sambutan terakhir, Husin Alwi selaku Sekretaris Umum KONI Sulteng yang juga sebagai Tenaga Ahli Gubernur menyampaikan beberapa hal terkait pembinaan prestasi olahraga dan cita-cita besar Gubernur Sulawesi Tengah untuk PON XXI Aceh-Sumut tahun 2024.

“Gubernur Sulteng H. Rusdy Mastura sangat mendukung dan menginginkan olahraga Sulawesi Tengah dapat sejajar dengan Provinsi papan atas lainnya dalam perolehan medali di Pekan Olahraga Nasional,” tutur Husin di hadapan ratusan mahasiswa yang berasal dari berbagai Kabupaten di Sulawesi Tengah.

Husin menegaskan bahwa pada program Sulteng Emas 2024, Sulawesi Tengah menargetkan minimal 10 medali emas harus dibawa pulang kontingen Sulawesi Tengah. Disambut tepuk tangan meriah, Tenaga Ahli Gubernur itu membocorkan salah satu cabang olahraga yang berpeluang membawa pulang 10 medali emas.

Masih Husin, ia berpesan kepada seluruh mahasiswa dan pemuda agar dapat menjaga integritas dan terus meningkatkan kapasitas sebagai sumber daya manusia.

“Sulawesi Tengah adalah daerah penyangga Ibu Kota Negara Baru. Melalui paguyuban semacam IPMBL Palu, kita mesti menyiapkan sumber daya manusia yang memiliki daya saing terhadap SDM dari wilayah lain,” tambah Sekum KONI Sulawesi Tengah.

Di detik-detik akhir sambutannya sebelum menutup kegiatan, Husin Alwi memberikan pesan IPMBL Palu agar tidak hanya membangun sinergitas ke dalam melainkan ke luar—ke Pemerintah Daerah Provinsi dalam mengawal dan mendukung kebijakan pemerintah.

“Pak Gubernur Sulawesi Tengah mencanangkan yang namanya ‘development of sport’. Jadi, semua, tidak hanya KONI yang membangun olahraga. Semua pihak pemangku kepentingan dan jajaran pemerintah daerah juga bertanggungjawab atas pembangunan olahraga di Sulawesi Tengah. Selain itu, ada juga yang namanya ‘development from sport’ yang membuat pemerintah benar-benar bertanggungjawab penuh atas pembangunan olahraga di daerah Sulawesi Tengah. Ada juga yang namanya strategi ‘Development Through Sport’ dimana
olahraga terintegrasi dalam rencana Pembangunan Daerah seperti negara-negara raksasa olahraga di dunia” ungkap Husin.

Sebelum menutup, Husin mengharapkan agar pemuda dan mahasiswa Sulawesi Tengah khususnya IPMBL Palu harus siap mengambil bagian penting dalam pembangunan daerah dan sebagai penyangga Ibu Kota Negara. Tutup Husin.

*Penyerahan cendera mata oleh IPMBL Palu kepada KONI Provinsi Sulawesi Tengah

Bagikan Artikel ini

Pos terkait