Desain Rumah “Mid Century” Modern yang Keren dan Elegan

Fasad kubik RL Residence karya Michael Lauw Studio.(arsitag.com)
Bagikan Artikel ini
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Pariwaraku.com – Sebagai kebutuhan esensial bagi Anda dan keluarga, memilih desain rumah terbaik merupakan hal yang sangat penting saat ini. Dengan menciptakan nuansa yang disukai, Anda dan keluarga akan merasa nyaman dan betah di dalamnya. Salah satu desain yang belakangan semakin populer diterapkan adalah gaya rumah mid-century modern. Gaya satu ini sempat dipopulerkan oleh arsitek kenamaan Amerika, Frank Lloyd Wright, pada pertengahan abad ke-20. Ia membentuk mid-century modern dari kombinasi antara arsitektur organik dengan seni dan kerajinan. Jika Anda tertarik untuk mewujudkan nuansa ala vintage di rumah, Anda tidak akan melewatkan desain RL Residence karya arsitek Michael Lauw Studio berikut ini.

Fasad kubik RL Residence karya Michael Lauw Studio.(arsitag.com)

1. Definisi Kemewahan di Rumah Tinggal
Dari bagian depan, eksterior rumah tinggal yang berada di kawasan Surabaya, Jawa Timur ini menampilkan bentuk-bentuk geometris yang sederhana. Formasi fasad kubik begitu memikat pandangan. Sebuah gaya yang lekat dengan desain modern. Pagar yang dibuat semi transparan juga memungkinkan siapa saja yang melintas melihat isi di dalamnya.
Tak hanya itu, jendela-jendela besar bahkan balkon dengan pagar kaca juga seolah-olah memberikan kesan terbuka sekaligus airy.

Fasad kubik RL Residence karya Michael Lauw Studio.(arsitag.com)

2. Mengandalkan Konsep Open Plan
Seperti kebanyakan hunian lain yang menggunakan gaya mid-century modern, pada interiornya begitu jelas desain open plan serta garis yang tegas dan datar. RL Residence yang didesain oleh Michael Law Studio ini pun mengandalkan konsep serupa. Pada ruangan di atas, Anda bisa melihat bagaimana sang desainer menggabungkan antara ruang keluarga dengan area dapur tanpa batas pemisah. Meski begitu, keduanya tetap terlihat berbeda sesuai dengan fungsinya masing-masing. Karakter rumah mid century lainnya adalah adanya jendela-jendela besar terpasang di beberapa sisi. Mulai dari sisi depan bak cuci piring, hingga di sebelah ruang keluarga. Sinar matahari yang masuk dengan bebas tak sekadar menawarkan keuntungan tampilan yang luas. Suasana serba hijau di luar menjadi sajian pemandangan yang menyegarkan bagi seluruh penghuni rumah.

Fasad kubik RL Residence karya Michael Lauw Studio.(arsitag.com)

3. Kayu Sebagai Komponen Utama Furnitur
Jika Anda memerhatikan isi beberapa bagian ruangannya, Anda tentu dapat menangkap bagaimana kayu dipilih sebagai material untuk berbagai furnitur di dalamnya. Tidak hanya kitchen set dan island, kayu juga digunakan sebagai bahan rak hingga meja makan. Furnitur mid century modern memang cenderung identik dengan furnitur dari kayu keras (hardwood) ketimbang kayu lunak (softwood). Furnitur hardwood mid century kerap menawarkan kekhasan gaya dan manfaatnya secara khusus. Tak ayal, kehadirannya mampu menambah suasana hangat di dalam rumah.
Sebagai penunjang nilai estetika rumah, penambahan aksesoris tentu tidak boleh diabaikan. Pada desain ruang keluarga modern ini, Anda bisa melihat beberapa contohnya. Selain sofa bergaya modern dengan karpet monokrom, ada hiasan dinding yang menjadi focal point ruangan. Beberapa vas yang diletakkan di meja televisi hingga di table coffee juga menambah semarak suasana. Sebagai akhir standing lamp dengan desain unik di sisi sofa, kesan modern dan mewah semakin terasa.

Fasad kubik RL Residence karya Michael Lauw Studio.(arsitag.com)

4. Kamar Tidur Nyaman dengan Perpaduan Gaya Vintage dan Modern yang Apik
Kamar tidur merupakan ruangan yang paling penting bagi penghuni rumah dan keluarga. Tidak heran jika desain terbaik haruslah disematkan. Sesuai dengan konsep mid-century dan modern yang digunakan, kamar tidur ini juga tampil apik dengan perpaduan keduanya. Gaya modern terlihat dari pemilihan desain tempat tidur dan bedding set.

Fasad kubik RL Residence karya Michael Lauw Studio.(arsitag.com)

Kemudian, dipadu dengan aksesoris vintage berupa pesawat yang tergantung di sudut ruangan. Tidak hanya mempercantik, pajangan pesawat juga berfungsi sebagai lampu gantung yang menambah hangat suasana. Tambahan hiasan dinding berupa lukisan cat air hewan-hewan yang imut memberikan kesan lebih personal. Selain itu, lagi-lagi meja kayu kokoh menjadi benang merah desain mid century. Menerapkan desain tertentu pada rumah memang bukan perkara mudah. Anda mungkin akan memerlukan bantuan profesional untuk mewujudkannya. Namun, ketika apa yang Anda rencanakan bisa terwujud seperti RL Residence ini, Anda akan merasakan kepuasan yang sesungguhnya sebagai pemilik rumah.

 

Editor Hilda B Alexander
Sumber : Kompas.com

 

loading...


Bagikan Artikel ini
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Pos terkait