Bupati Donggala : Upaya Membangun SDM Yang Berkualitas Stunting Dan JKN jadi Isu Prioritas.

Bupati Donggala Kasman Lassa Saat menyampaikan sambutannya pada kegiatan Hari Kesehatan Nasional yang diadakan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Donggala, di desa Tambu Kecamatan Balaesang, Kamis (12/12/2019).
Bagikan Artikel ini
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Pariwaraku.com – Palu, Bupati Donggala Drs. Kasman Lassa, SH. MH membacakan sambutan Mentri Kesehatan Republik Indonesia (RI) menyampaikan bahwa ada dua isu kesehatan utama yang harus diselesaikan terkait membangun SDM yang berkualitas yaitu stunting dan jaminan kesehatan Nasional.

Ini Disampaikan Saat MenggMengh Hari Kesehatan Nasional (HKN) Ke-55, yang dilaksanakan Oleh Dinas JesKeseha Kabupaten Donggala, Tambu Kecamatan BalBalaes, Kamis (12/12/2019). 

Bacaan Lainnya

Sementara itu tambah KasmaK,  ada dua isu kesehatan lainnya yang juga harus diatasi yaitu tingginya harga obat dan alat kesehatan serta masih rendahnya penggunaan alat kesehatan buatan dalam negeri.

“Hal-hal tersebut akan menjadi fokus perhatian kita bersama untuk dapat segera diupayakan solusinya,” ujarnya

Lanjut disampaikannya pada lima tahun masa tugas Kabinet Indonesia Kerja 2015-2019, pembangunan kesehatan telah memperjuangkan tiga pilar yaitu paradigma sehat, penguatan akses pelayanan kesehatan dan penyediaan biaya Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

Dimana mengusung kegiatan promotif dan preventif melalui beberapa program unggulan bidang kesehatan seperti Germas (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat), PIS-PK (Program Indonesia Sehata Dengan Pendekatan Keluarga) dan NS (Nusantara Sehat).

Dia mengajak agar berkosentrasi dan segenap potensi kekuatan serta kebersamaan untuk menitiberatkan pembangunan generasi sehat yang dilandasi tekad untuk memajukan bangsa.

Selain itu, dia juga berharap agar generasi sehat yang diperjuangkan bersama, dapat menjadi SDM unggul yang akan mengisi 100 tahun Indonesia merdeka pada tahun 2045 yang bertepatan saat bonus demografi untuk mengantarkan Indonesia menjadi negara yang maju, makmur dan sejahtera.

Kegiatan yang bertemakan “Generasi Sehat, Indonesia Unggul” Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Donggala H. Muzakir Ladoali, S. Sos. M. SI dalam laporannya menyampaikan bahwa pembangunan kesehatan pada hakekatnya adalah upaya yang dilaksanakan oleh semua komponen Bangsa Indonesia yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan hidup sehat bagi semua orang agar terwujud derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya.

Dia juga menerangkan bahwa dalam rangka memeriahkan HKN di Kabupaten Donggala, telah dilaksanakan berbagai kegiatan ditingkat kabupaten dengan melibatkan seluruh puskesmas dan ikut berpatisipasi ditingkat Propinsi.

Dengan rangkaian kegiatan ditingkat kabupaten antara lain senam peregangan, Volly, Domino dan Catur.

Sedangkan untuk ditingkat propinsi kegiatan yang dilaksanakan antara lain Volly, Tiktok tentang CTPS, sepakqtakraw Tennis meja dan pameran kesehatan

loading…

Dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara serah terima barang berupa sepeda motor dan penyerahan secara simbolis sepeda motor kepada :
1. Kepala UPTD Puskesmas
Kayuwou atas nama
Abdul Muis
2. Kepala UPTD Puskesmas
Tambu atas nama
Asmir, SKM
3. Kepala UPTD Puskesmas
Malei atas nama
Abdul Haris Pontoh, SKM
4. Kepala UPTD Puskesmas
Ogoamas atas nama
Muhammad Yamin, SKM
5. Kepala UPTD Puskesmas
Tompe atas nama
Adwan, Amd. Kep.

Peringatan HKN tersebut turut dihadiri Forkopimda, Ketua Komisi 1 Widya Kasterina, Pimpinan OPD Kab. Donggala, Kepala BNN Kab. Donggala, Dewan Pengawas PDAM, Ketua Tim Penggerak PKK Kab. Donggala, Camat Balaesang, Forkopimda Kecamatan Balaesang, Direktur RSUD Kabelota dan RS Pratama Tambu.[***]

Sumber : HUMAS Donggala.


Bagikan Artikel ini
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Pos terkait