BMKG: Ruteng NTT Dan Lima Wilayah Lainnya Rasakan Gempa

Gempa Ruteng NTT
Bagikan Artikel ini

pariwaraku.comBadan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika atau BMKG mencatat skala intensitas gempa terkini yang menggoyang Ruteng di Flores, Nusa Tenggara Timur, hingga IV MMI. Ini setara gempa yang bisa dirasakan oleh orang banyak di dalam rumah siang hari karena gerabah pecah, jendela/pintu berderik dan dinding berbunyi.

Gempa itu terjadi pada Senin dinihari tadi, 26 April 2021, pukul 01.34 WIB. BMKG mengukur kekuatannya 4,9 Magnitudo dengan pusatnya berada di laut, 55 kilometer timur laut Ruteng. Adapun kedalamannya 10 kilometer. Tak ada keterangan perihal dampak gempa ini di daerah selain Ruteng, tapi beberapa netizen, di akun info gempa BMKG ini, mengatakan getarannya bisa dirasakan juga di Labuan Bajo, Manggarai Barat.

Bacaan Lainnya

Sebelumnya, BMKG juga mencatat gempa di Ruteng pada Minggu malam, pukul 21.21 WIB. Gempa lebih lemah, yakni 3,0 M. Bersumber dari laut, 9 kilometer arah timur laut, gempa ini terukur mengguncang hanya pada skala II MMI–hanya bisa dirasakan sebagian orang–di daerah yang disebut Borong.

Selain di Ruteng, BMKG juga mencatat lima gempa lain yang bisa dirasakan di beberapa wilayah di Indonesia. Seluruhnya terukur hingga skala III MMI yakni pada pukul 8.52 WIB di Manokwari, pukul 12.50 WIB di Kabanjahe, pukul 13.17 WIB di Toli-Toli, Pukul 13.33 WIB di Gorontalo, dan pukul 23.3 9WIB di Lombok.

sumber : tekno.tempo.co


Bagikan Artikel ini

Pos terkait