Bengkulu Kembali Diguncang Gempa M 5,7, Tak Ada Tsunami

Foto: BMKG
Bagikan Artikel ini

Pariwaraku.com – Provinsi Bengkulu kembali diguncang gempa pagi ini. Berdasarkan postingan di twiter Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) kekuatan gempa yang melanda Bengkulu pagi ini mencapai M 5,7.

BMKG merinci gempa terjadi pada pukul 07:39:36 WIB. Pusat lokasi gempa berada pada 3.98 Lintang Selatan, 101.04 Bujut Timur, sekitar 137 kilo meter Barat Daya Bengkulu.

Bacaan Lainnya

Pusat kedalaman gempa sekitar 21 Kilometer. BMKG menyebutkan gempar ini tidak berpotensi tsunami.

Sementara itu, warga Kota Bengkulu, dilaporkan keluar dari rumah untuk menghindari terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Salah seorang warga Kota Bengkulu mengatakan, “Masyarakat berhamburan keluar rumah sebentar,” kata warga tersebut.

Ini merupakan gempa kedua yang terjadi di Bengkulu dalam sepekan terakhir. Sebelumnya, pada Rabu (19/08/2020), dua gempa besar terjadi di Bengkulu sekitar pukul 5.00 WIB.

Gempa pertama dengan magnitudo 6,9 berada di 169 kilometer (km) Barat Daya Bengkulu. Dengan kedalaman 10 km.

Gempa kedua, terjadi enam menit kemudian pukul 5.29 dengan magnitudo 6,8 di 78 km. Kedalaman hingga 11 kilometer.

Tidak ada peringatan tsunami yang dikeluarkan dan tidak ada korban.

Saat gempa ini, BMKG menyampaikan hasil analisa terkait dengan gempa bumi di Bengkulu bahwa melihat lokasi episenter dan kedalaman hiposenter. Menurut BMKG, gempa ini merupakan gempa bumi dangkal akibat aktivitas subduksi Lempeng Indo-Australia ke bawah Lempeng Eurasia.

“Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa kedua gempa bumi tersebut memiliki mekanisme pergerakan naik (thrust fault),” ujar Kepala Pusat Gempa bumi dan Tsunami BMKG, Rahmat Triyono mengutip keterangan resmi dari BNPB di Jakarta, Rabu (19/8/2020).

Selanjutnya, berdasarkan hasil pantauan InaRISK, Bengkulu berada pada risiko bahaya sedang hingga tinggi. Sebanyak 10 kabupaten memiliki tingkat resiko gempa dengan cakupan luas hingga 1,7 hektar.

Tak hanya gempa, ancaman bahaya tsunami pada tingkat risiko bahaya sedang hingga tinggi pada 7 kabupaten. Ada sekitar 1,8 juta jiwa terpapar potensi bahaya gempa bumi di wilayah Bengkulu.

Sumber : cnbcindonesia.com


Bagikan Artikel ini

Pos terkait