Inspiratif untuk Negeri
Iklan Banner Artikel Atas gambar (800×100)
Iklan Dalam Artikel Bawah Foto bagian atas (800×100)

Bahaya Pakai Baju Baru Tanpa Dicuci Dahulu

0 874

Pariwaraku.com – Membeli baju baru terkadang membuat orang tidak sabar untuk memakainya. Bahkan, ada orang yang langsung memakai baju baru yang tanpa dicuci terlebih dahulu.

Hal ini dilakukan karena memiliki pikiran bahwa baju yang baru dari toko masih bersih, sehingga tidak perlu dicuci. Padahal, hal ini tidak menjamin bahkan jika dijual di mall sekalipun. Bisa juga karena tuntutan waktu yang memaksa baju baru untuk langsung dikenakan.

Banner Iklan Dalam Berita

Mencuci baju baru sebelum dipakai merupakan langkah yang penting untuk dilakukan. Pasalnya para ahli telah memperingatkan adanya potensi risiko kontaminasi virus dan bakteri dari baju baru, mulai dari yang menyebabkan flu, infeksi jamur, hingga ruam kulit. Kuman dan bakteri bisa masuk ke dalam tubuh melalui pori-pori kulit. Selain itu, ketika Anda berkeringat pori-pori akan terbuka sehingga membuat patogen penyebab penyakit bisa masuk lebih mudah.

Baju yang dipajang di toko besar kemungkinan telah dicoba oleh orang lain. Jika orang tersebut mengalami infeksi kulit atau penyakit menular lainnya, ini tentu akan memudahkan infeksi dari orang tersebut tersebar melalui baju yang ia coba termasuk dirimu. Selain mengandung bakteri, kuman dan infeksi, baju baru juga mengandung bahan kimia yang berbahaya untuk tubuh.

Baju baru berisiko mentransfer kutu, scabies, bakteri, hingga jamur dari satu orang ke orang lain, apalagi bila baju tersebut digantung di toko dan banyak dicoba oleh calon pembeli. Di sisi lain, kamar ganti juga bisa menjadi tempat yang nyaman bagi mikroorganisme untuk berkembang biak.

Alasan baju baru harus dicuci terlebih dulu adalah untuk menghilangkan bahan kimia seperti urea dan formaldehid. Pabrikan biasanya menggunakan bahan itu untuk meningkatkan warna atau tekstur. Satu kali pencucian mungkin tidak akan menghilangkan semua formaldehid, tetapi akan menurunkan resin secara signifikan. Semakin dicuci, bahan kimia itu semakin hilang.

 

Editor : D’Sun

- Iklan -

- Iklan -

Komentar Anda :