7 Tahapan Mendaftar SNMPTN Tahun 2021

tahapan Seleksi SNMPTN 2021
Bagikan Artikel ini

pariwaraku.com – Pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2021 sudah dibuka pada hari ini, Senin 15 februari 2021

Pendaftaran SNMPTN 2021 akan dimulai pukul 15.00 WIB. Bagaimana cara daftar SNMPTN 2021?

Bacaan Lainnya

Cara daftar SNMPTN 2021 Ada 7 tahap yang harus dilakukan ketika mendaftar SNMPTN 2021.

Berikut rinciannya:

  1.  Login di portal LTMPT atau https://snmptn.ltmpt.ac.id dengan menggunakan alamat email dan password yang didaftarkan.
  2. Siswa mengisikan “Kelengkapan Data Orang Tua” pada halaman PROFIL.
  3. Siswa melakukan pendaftaran SNMPTN dengan mengisikan pilihan prodi yang dipilih pada halaman PILIHAN.
  4. Siswa mengisikan portofolio pada halaman PORTOFOLIO, jika prodi yang dipilih mensyaratkan adanya dokumen portofolio. Jika prodi yang dipilih tidak mensyaratkan adanya dokumen portofolio, maka halaman ini tidak perlu diisikan.
  5. Siswa mengisikan prestasi pada halaman PRESTASI. Isian prestasi pada halaman ini bersifat tidak wajib, artinya isiannya tidak wajib ada. Silakan isikan prestasi yang sesuai dengan bidang dan tingkat prestasi yang disyaratkan pada masing-masing pilihan di kolomnya.
  6. Siswa melakukan finalisasi pada halaman FINALISASI jika semua isian data sudah diyakini kebenarannya. Setelah anda melakukan finalisasi, isian data tidak dapat dibatalkan dan tidak bisa diubah dengan alasan apapun.
  7. Siswa mengunduh dan mencetak kartu registrasi.

Perhatikan ini saat daftar SNMPTN 2021 Perlu diketahui, ada 86 pilihan perguruan tinggi negeri yang tersebar di seluruh wilayah di Indonesia.

Pilihan program studinya juga beragam.

Perhatikan beberapa hal berikut ini saat ANda mendaftar SNMPTN 2021:

Cara mengetahui lolos syarat SNMPTN Saat login portal LTMPT, jika tidak memenuhi syarat untuk mendaftar SNMPTN, maka akan muncul pesan “Mohon maaf, Anda tidak berhak mengikuti SNMPTN 2021.

Silakan mengikuti SBMPTN 2021″. Pendaftar yang tidak lolos SNMPTN masih dapat mencoba dengan mendaftar melalui jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN).

Jika telah memenuhi syarat tetapi belum melakukan permanen data pada portal LTMPT, maka akan muncul peringatan untuk melakukan permanen data terlebih dahulu.

Biodata Pada halaman PROFIL, berisi informasi biodata dari siswa. Seluruh informasi pada kolom “Biodata” diambil dari data yang telah diisikan di portal, seperti nama, NISN, NPSN sekolah, dan asal sekolah.

Isian tersebut tidak dapat diubah pada aplikasi pendaftaran SNMPTN. Siswa hanya perlu mengisi “Kelengkapan Data Orang Tua”.

Informasi yang perlu disiapkan antara lain penghasilan orangtua dan jumlah tanggungan orangtua.

Di situ, sudah ada range pilihan penghasilan orangtua, sehingga siswa hanya perlu memilih range yang sesuai.

Portofolio Jika prodi yang dipilih tidak mensyaratkan adanya portofolio, maka hanya muncul header PORTOFOLIO saja tapi tidak ada pilihan isiannya.

Beberapa prodi mensyaratkan untuk mengisikan portofolio, seperti Seni Tari, Seni Rupa Murni, Seni Musik yang diwajibkan meng-upload video, gambar, atau sejenisnya.

Untuk melihat instruksi dan kebutuhan portofolio silakan “Unduh Instruksi” dan “Unduh Dokumentasi” yang disediakan. Pilih “Choose File” untuk memilih file yang akan diunggah kemudian tekan tombol “Simpan”. Unduh PPT digunakan untuk mengunduh PPT portofolio yang sudah diunggah.

Kapan pengumuman SNMPTN 2021? Masa pendaftaran SNMPTN 2021 akan berlangsung hingga 24 Februari 2021.

Jika siswa belum memiliki akun LTMPT, registrasi masih dapat dilakukan dengan batas waktu sampai 23 Februari 2021.

Kapan pengumuman SNMPTN 2021? Pengumuman hasil SNMPTN 2021 bisa diketahui pada 22 Maret 2021, melalui laman LTMPT di https://pengumuman-snmptn.ltmpt.ac.id.

pendaftaran SNMPTN 2021

 

Sumber : kompas.com

 


Bagikan Artikel ini

Pos terkait