4 Film Inspirasi Simbol Perlawanan Termasuk Demo Myanmar

Di media sosial, massa beramai-ramai menyuarakan penolakan mereka dengan menggunakan tagar dan simbol-simbol perlawanan
Bagikan Artikel ini

pariwaraku.com – Dalam beberapa hari terakhir, gelombang protes warga Myanmar terhadap kudeta militer bermunculan di berbagai lokasi mulai dari jalanan hingga dunia maya.

Di media sosial, massa beramai-ramai menyuarakan penolakan mereka dengan menggunakan tagar dan simbol-simbol perlawanan. Salah satunya salam tiga jari yang belakangan ramai dilakukan warganet sebagai simbol penolakan terhadap junta militer Myanmar.

Bacaan Lainnya

Cara salutasi unik ini rupanya mengadaptasi dari salah satu film Hollywood berjudul The Hunger Games: Mockingjay Part 1.

Selain di Myanmar, aksi serupa juga pernah terjadi di beberapa lokasi lain di dunia. Berikut beberapa aksi protes yang terinspirasi dari film.

1. The Hunger Games: Mockingjay Part 1

Bukan hanya siulan empat nada yang menjadi ciri khas di The Hunger Games: Mockingjay Part 1. Acungan tiga jari tengah yang menjadi simbol pemberontakan masyarakat distrik terhadap Presiden Snow serta The Capitol, juga ikonik.

Salam tiga jari itu bahkan mengilhami mahasiswa di Thailand dalam aksi protes yang berlangsung pada Mei 2014 . Mereka mengacungkan salute itu sebagai tanda pemberontakan terhadap pemerintahan yang totaliter.

Tidak hanya sekedar meramaikan media sosial dengan salam tiga jari, mahasiswa pro-demokrasi Thailand juga muncul di bioskop-bioskop sambil mengacung salam tiga jari saat film terakhir The Hunger Games, Mockingjay: Part 1 diputar pada November 2014. Alhasil beberapa mahasiswa ditahan dalam aksi tersebut.

The Hunger Games: Mockingjay Part 1 bahkan ditarik dari peredaran karena dinilai menyebarkan pengaruh pemberontakan kepada masyarakat.

Dipetik dari fiksi ilmiah distopia, salam tiga jari dalam film the Hunger Games telah menyebar ke seluruh Asia Tenggara hingga Hong Kong dalam dekade terakhir sebagai simbol protes pro-demokrasi.


Bagikan Artikel ini

Pos terkait