23 Kecamatan di Parigi Moutong diberi Pelatihan Khusus Oleh Dinas Ini

Bagikan Artikel ini

Pariwaraku.com – Mewakili Bupati dan Wakil Bupati, Asisten I Bidang Pemerintahan dan kesra Drs. H. Samin latandu membuka dengan resmi kegiatan pelatihan lembaga Pemberdayaan masyarakat (LPM) tahun 2022 bertempat aula Rapat Dinas PMD Rabu, (7/9/2022).

Sejumlah 329 peserta pelatihan LPM dari 23 kecamatan di kabupaten Parigi Moutong diberi pelatihan khusus oleh dinas terkait untuk dilibatkan dalam penyusunan program pembangunan di desanya masing-masing.

Asisten I Bidang Pemerintahan dan kesra Drs. H. Samin latandu dalam sambutanya mengatakan atas nama pemerintah daerah kabupaten parigi moutong mengucapkan terima kasih serta apresiasi yang setinggi-tingginya kepada dinas pemberdayaan masyarakat dan desa kabupaten parigi moutong yang telah menyelenggarakan kegiatan pelatihan ini.

Kata Samin ini adalah sebagai salah satu upaya pemerintah untuk meningkatkan kompetensi para anggota lembaga pemberdayaan masyarakat didesa agar dapat menjalankan peran dan fungsinya sebagaimana mestinya.

Terbentuknya lembaga pemberdayaan masyarakat (LPM) desa berdasarkan undang-undang nomor 6 tahun 2014 tentang desa dan peraturan pemerintah nomor 43 tahun 2015 pasal 150-151 tentang peraturan pelaksanaan undang-undang nomor 6 tahun 2014 tentang desa.

LPM adalah lembaga mitra pemerintahan desa yang membantu dalam meningkatkan partisipasi dan pelayanan penyelenggaraan masyarakat tentunya selain meningkatkan partisipasi dan pelayanan penyelenggaraan bagi masyarakat LPM juga ikut serta didalam perencanaan, pelaksanaan dan pembangunan yang dilakukan oleh pemerintah desa.”Ucapnya.

LPM juga dibentuk dengan tujuan membantu pemerintah desa dalam meningkatkan aspirasi dan pelayanan kepada masyarakat guna penyelenggaraan dan pembangunan desa yang lebih baik.

Samin berharap ada sinergi yang baik antara pemerintah desa/kelurahan dan lembaga pemberdayaan masyarakat sehingga rencana pembangunan dapat dilaksanakan dengan baik dan lancar dalam upaya memberikan pelayanan yang maksimal bagi masyarakat.


Bagikan Artikel ini

Pos terkait